Bupati Shabela Launching Penyaluran Bantuan Beras PPKM 2021

180

Takengon – Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar Launching penyaluran bantuan beras mendukung Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) tahun 2021 Kabupaten Tengah.

Didampingi Kadis Sosial Aceh Tengah Aulia Putra, S.STP, M.Si dan Kepala Perum Bulog (Badan Urusan Logistik) Aceh Tengah, berlangsung di halaman Komplek Pergudangan Bulog Blang Kolak II Takengon, Minggu (18/07/2021).

Penyaluran perdana tersebut dilakukan setelah Perum Bulog Aceh Tengah menerima data penerima dari Dinas Sosial Aceh Tengah.

Kadis Sosial Aceh Tengah memaparkan, penerima bantuan beras PPKM 2021, merupakan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) program PKH dan juga penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) yang di ambil dari Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

“Untuk Aceh Tengah sendiri, penerima dari PKH berjumlah 5.444 orang, sementara penerima BST sebanyak 3.337 orang. Jadi jumlah total seluruh penerima sebanyak 8.781 KPM yang berasal dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Aceh Tengah,” jelas Aulia Putra.

“Untuk setiap keluarga akan mendapat beras sebanyak 10 kg, bantuan tersebut untuk mendukung pelaksanaan PPKM bulan ini, sedangkan untuk kedepannya kita akan tunggu petunjuk dari pusat, pun demikian stok beras sudah kita persiapkan dan tersedia di gudang” terangnya lebih lanjut.

Dikesempatan tersebut dalam sambutanya Bupati Shabela Abubakar mengatakan pemberian bantuan beras merupakan wujud perhatian pemerintah kepada masyarakat yang tengah menjalani PPKM.

“Harapan kita bantuan yang ditersalurkan ini, dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, dan pelaksanaan PPKM di Aceh Tengah juga dapat berjalan dengan efektif, karena pandemi covid-19 yang meningkat akhir-akhir, Alhamdulillah saat ini sudah mulai berangsur menjadi zona kuning, yang sebelumnya merah untuk Daerah kita,” ujar Bupati Aceh Tengah.

Bupati selanjutnya mengingatkan agar masyarakat tetap disiplin dalam melaksanakan aturan di masa PPKM ini, dengan menjalankan prokes, membatasi kegiatan di luar rumah dan menghindari kerumunan.

“Kalaupun harus keluar terapkan protokol kesehatan, selalu pakai masker, cuci tangan memakai sabun, dan jaga jarak, selain disiplin protokol kesehatan, jangan lupa selalu berdo’a untuk keselamatan diri, keluarga dan masyarakat, agar pandemi segera berakhir,” pesan Bupati Shabela.

Launching tersebut ditandai dengan penyerahan secara langsung sejumlah beras oleh Bupati Aceh tengah kepada perwakilan penerima manfaat.

Dilanjutkan dengan melakukan pengecekan langsung atas ketersediaan beras bantuan, guna memastikan ketersediaan dan penyalurannya akan berjalan baik dan lancar.

Penyaluran bantuan beras PPKM 2021 serupa, juga dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia. (HMA/ProkopimAT)