Di Damar Mulyo, T. Mirzuan Launching Orang Tua Asuh dan Kampung Binaan Gammawar 2023

333

Takengon – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah mencanangkan gerakan orang tua asuh dalam rangka percepatan penurunan angka stunting sekaligus meresmikan Kampung Binaan Gammawar tahun 2023, di Kampung Damar Mulyo kecamatan Atu Lintang, pada Senin (20/03/2023).

Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah memiliki target penurunan prevalensi angka stunting, sehingga bersama TP PKK Aceh Tengah, unsur perbankan serta stakeholders lainnya bersama-sama turut serta berupaya mempercepat penurunan stunting dalam aksi yang nyata yaitu gerakan orang tua asuh dalam rangka percepatan penurunan stunting, khususnya di Kampung Danar Mulyo.

Hal tersebut mendapat apresiasi langsung dari Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT, yang hadir dalam kesempatan itu didampingi Ketua TP PKK Aceh Tengah, Novita beserta Unsur Pimpinan Daerah dan OPD terkait lainnya, yang terungkap dalam arahan dan sambutannya.

“Secara pribadi kami sampaikan, menjadi sebuah hal yang patut diapresiasi, bahwa kita bersama utamanya dengan dukungan pihak perbankan yaitu Bank Aceh Takengon sebagai orang tua aduh bagi 14 orang Anak dan BSI Takengon sebanyak 13 orang Anak, serta dapat mewujudkan peran nyatanya menjadi orang tua asuh bagi para Balita stunting, sehingga dapat diikuti dengan penurunan prevalensi stunting di Kabupaten Aceh Tengah pada waktu mendatang”, Ungkap Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT.

“Kami mengajak peran serta semua pihak, baik masyarakat maupun lembaga, untuk bergotong-royong dalam penanganan maupun pencegahan stunting di kabupaten kita cintai ini, sehingga kita dapat berkontribusi secara optimal dalam mencapai target nasional sesuai dengan Rencana Aksi Nasional Percepatan Penurunan Angka Stunting (RAN PASTI) untuk mencapai target penurunan stunting hingga 14% pada tahun 2024 mendatang”, Tegas nya.

Program tersebut sejalan dengan program nasional, dimana Pemerintah telah menerbitkan Perpres No. 72 Tahun 2021 sebagai payung hukum dan acuan bersama dalam pelaksanaan Percepatan Penurunan Stunting. Perpres 72/2021 memberikan penguatan pada aspek kelembagaan, intervensi, pendanaan, pemantauan dan evaluasi pelaksanaan nya.

Dalam kesempatan yang sama, secara simbolis Pj Bupati beserta jajaran Forkopimda Aceh Tengah turut menyalurkan bantuan berupa protein kepada 27 keluarga beresiko stunting di Kampung Damar Mulyo.

“untuk menjaga kesehatan dan upaya penanganan stunting maka asupan gizi dan protein harus cukup. Hari kami memberikan sedikit bantuan berupa makanan protein tinggi kepada masyarakat kampung Danar Mulyo yang telah terdata sebelumnya”, Ujar Pj Bupati.

Terakhir disampaikan, protein hewani seperti telur, susu, daging/ikan dinilai sangat efektif dalam mencegah anak mengalami stunting. Pangan hewani tersebut mempunyai kandungan zat gizi yang lengkap, kaya protein hewani dan vitamin yang sangat penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan anak utamanya pada masa seribu hari awal kelahiran, terang Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT. (HMA/ProkopimAT)

X