Hari Pertama Tahun Ajaran Baru, Pj. Bupati Jadi Pembina Upacara SMAN 1 Takengon

222

Takengon – Dalam rangka menyambut hari pertama tahun ajaran baru Penjabat Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT dan para kepala perangkat daerah Kabupaten Aceh Tengah menjadi pembina upacara bendera di sekolah-sekolah dalam lingkup Aceh Tengah, Senin (17/07/2023).

Dalam arahannya saat menjadi pembina upacara bendera di SMAN 1 Takengon, Mirzuan menyampaikan rasa terima kasih kepada kepala SMAN 1 Takengon, segenap guru, tata usaha, dan siswa/i yang telah menyambut baik kedatangannya, sekaligus menyampaikan selamat datang kepada peserta didik baru.

“kami ucapkan selamat datang di SMAN 1 Takengon bagi murid baru, mulai hari ini sekolah ini telah menjadi rumah kedua bagi siswa/i, disinilah tempat untuk mendapatkan pendidikan dan keterampilan yang kelak berguna bagi masa depan,” ucap Mirzuan.

“apalagi ini merupakan tahun ajaran baru 2023/2024, perlu kami ingatkan kepada seluruh siswa/i untuk dapat memotivasi diri agar lebih baik lagi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar dari tahun-tahun sebelumnya,” tambahnya.

Mirzuan juga menyebutkan, agar siswa/i kiranya dapat meningkatkan potensi diri serta menumbuhkan rasa nasionalisme didalam diri, agar dapat mewujudkan kemajukan peradaban bangsa yang semakin terdepan dengan sumber daya manusia berilmu, berwawasan, dan berkarakter.

Selanjutnya, dalam rangka menyemarakkan HUT ke-78 kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2023, Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia dengan suratnya nomor 400.10.1.1/5736/polpum tanggal 20 Juni 2023 perihal pelaksanaan pencanangan gerakan pembagian bendera merah putih tahun 2023 dengan jumlah 10 juta bendera.

Mirzuan mengharapkan, agar pencanangan pembagian Bendera Merah Putih dapat menjadi bagian dari mengenang sejarah lahirnya negara Republik Indonesia.

“kita perlu mengenang bagaimana perjuangan para pahlawan dalam mengorbankan jiwa dan raga untuk tegak dan berkibarnya merah putih,” ujar Mirzuan.

“tentunya pembagian 10 juta Bendera Merah Putih, tidak kalah pentingnya bagi partisipasi lembaga sekolah dan siswa maupun siswi,” sambungnya.

Menutup arahannya, Mirzuan menyampaikan mengenai satu isu penting menjelang tahun 2024 dalam rangka menghadapi Pemilihan Umum serentak tahun 2024.

“kami berharap para pelajar SMAN 1 Takengon, yang juga sebagai pemilih pemula yang telah memiliki hak suara untuk ikut mensukseskan pesta demokrasi serta menjadi pelopor generasi muda peduli demokrasi yang cerdas, tertib, damai, berintegritas, tanpa hoax, ujaran kebencian, politisasi sara dan politik uang.” harap Mirzuan sebagai penutup arahannya. (AS/ProkopimAT)

X