Inspektur Aceh Tengah Gencar Sosialisasikan Inovasi Berbasis Online e-Temas Wanara Dana

659

Takengon – Melalui Lembaga Penyiaran Publik (LPP) RRI Takengon, dalam Program siar “Cerita Senye”, Obrolan dalam bahasa Gayo, dengan tema Sistem Kolaborasi Dalam Pengawasan Pelaksanaan APBDes Berbasis Online e-Temas Wanara Dana (e_TWD) di Kabupaten Aceh Tengah.

Dipercaya sebagai narasumber, Inspektur Kabupaten Aceh Tengah Aulia Putra, S.STP, M.Si., didampingi Perwakilan DPMK Aceh Tengah, Rani Widya, mensosialisasikan program bebasis online ini, yang disiarkan langsung dari Kantor LPP RRI Takengon, untuk edisi Kamis sore (10/11/2022).

“Terkait pengawasan APBDes, Inspektorat sebagai APIP atau Aparatur Pengawasan Internal Pemerintah, berkewajiban melakukan pembinaan dan pengawasan, termasuk di dalamnya pembinaan dan pengawasan APBDes”, Terang Inspektur Kabupaten Aceh Tengah dalam kesempatan tersebut.

“Alokasi dana desa, merupakan anggaran yang dialokasikan Pemerintah langsung ke Desa, atau di Aceh Tengah dengan adanya qanun no. 11 tahun 2014, Kita menyebutnya dengan istilah Kampung”, Imbuh Aulia Putra.

“Dengan jumlah 295 Kampung, yang dimiliki Kabupaten Aceh Tengah, ditambah adanya kendala terbatasnya SDM dan pendanaan terkait pengawasan dan pembinaan, sehingga Sistem Kolaborasi Dalam Pengawasan Pelaksanaan APBDes Berbasis Online e-Temas Wanara Dana, dapat menjadi satu solusi yang memudahkan dalam pembinaan dan pengawasan ke arah yang lebih baik,” Lanjutnya, dalam obrolan yang dipandu Abang Gun dan Aka Ana tersebut.

“Kita dengan sistem kolaborasi antara, Aparatur desa dalam hal ini Reje dan Operator sebagai penginput data, Camat dan Kasi PMK, Kominfo sebagai pengelola, DPMK, BAPPEDA, Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah, dan tentunya Inspektorat, akan melakukan pengawasan sedari awal, dengan menggunakan manajemen berbasis resiko, sehingga dapat mengurang resiko penyelewengan pengelolaan APBDes sedini mungkin”, Terang Inspektur Kabupaten Aceh Tengah Aulia Putra, S.STP, M.Si.

Secara terpisah, Keesokan harinya usai mengikuti agenda Rapat evaluasi percepatan capaian pelaksanaan MCP KPK Se Provinsi Aceh, 11 November 2022 bertempat di Parkside Gayo Petro Takengon, Dr. Drs. Teguh Narutomo, MM, CRGP, CGCAE, CFFA, Inspektur Khusus, Inspektorat Jenderal, Kementerian Dalam Negeri RI, juga turut menyampaikan dukungan nya pada Sistem Kolaborasi Dalam Pengawasan Pelaksanaan APBDes Berbasis Online e-Temas Wanara Dana (e_TWD) di Kabupaten Aceh Tengah.

“Saya Teguh Narutoma, Inspektur Khusus RI, mendukung upaya Saudara Aulia Putra, Inspektur Aceh Tengah dalam rangka membangun, sistem kolaborasi dalam pengawasan APBDesa berbasis Online E-Temas Wanara Dana di Kabupaten Aceh Tengah, dalam rangka pembinaan dan pengawasan dana desa yang lebih baik ke depannya”, Ungkapnya.

Senada dalam kesempatan yang sama, Inspektur Aceh, Jamaluddin SE, M,si. Ak, juga menyampaikan dukungannya atas upaya dalam rangka membangun, sistem kolaborasi dalam pengawasan APBDesa berbasis Online E-Temas Wanara Dana di Kabupaten Aceh Tengah, dalam rangka pembinaan dan pengawasan dana desa yang lebih baik ke depannya, sebagai proyek perubahan dari Aulia Putra, Inspektur Aceh Tengah. (HMA/ProkopimAT)

X