Kunjungi SD 9 Atu Lintang, Istri Pj. Gubenur Aceh, Pastikan Masa Transisi Berjalan Menyenangkan

225

Takengon – Bunda Paud Kabupaten Aceh Tengah, Ny. Novita Mirzuan, Kamis Pagi (27/07/2023), Mendampingi Bunda PAUD Provinsi Aceh Ny. Ayu Marzuki, kunjungi SD Negeri 9 Atu Lintang yang beralamatkan di Kampung Damar Mulyo, Kecamatan Atu Lintang, Kabupaten. Aceh Tengah.

Kunjungan ke SD yang terletak di Kecamatan yang bercamatkan, Iwan Kenangan, S.IP, M.Sc, tersebut, merupakan kunjungan dalam rangka, mensukseskan komitmen Bunda PAUD Aceh untuk menyukseskan penyelenggaraan program Merdeka Belajar khususnya episode ke-24 tentang transisi PAUD ke SD yang menyenangkan yang dicanangkan Mendikbudristek belum lama ini.

Usai menyapa dan menyemangati para siswa, terutama siswa kelas 1, disampaikan Bunda PAUD Provinsi Aceh Ny. Ayu Marzuki, kunjungan tersebut dalam rangka melakukan penyadaran dan perubahan perilaku dari berbagai pihak yang terlibat dalam penguatan transisi anak di PAUD ke SD yang menyenangkan.

Menurutnya, diperlukan adanya gerakan yang masif dan konstruktif untuk memaknai penguatan transisi PAUD hingga ke Sekolah Dasar bahkan tidak hanya untuk kelas 1 saja, malahan hingga ke kelas 2, nantinya sebagai bentuk pemenuhan hak bagi setiap anak.

“Penguatan transisi PAUD ke SD sangat penting untuk mengubah miskonsepsi di lapangan, misalnya masih banyak praktik PPDB dengan tes calistung, serta pembelajaran yang belum mencerminkan pemahaman bahwa membangun kemampuan fondasi pola pembelajaran anak diantaranya kematangan sosial emosional, kemampuan literasi dan numerasi dasar, serta kemampuan fondasi lainnya,” Ungkap Istri Pj Gubernur Aceh Ahmad Marzuki Tersebut.

Untuk itu, diharapkan Bunda PAUD Aceh, Agar Bunda PAUD kabupaten Aceh Tengah juga dapat terus berupaya dan berkomitmen untuk menyukseskan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan khususnya di Kabupaten Aceh Tengah.

Bunda PAUD Aceh juga kembali mengajak para pemangku kebijakan dan masyarakat untuk menyukseskan transisi PAUD ke SD yang menyenangkan, sebagai upaya membentuk generasi unggul, menyongsong Indonesia pada Tahun Emas di 2045 nanti.

“Hal tersebut dapat dijalankan dengan beberapa kegiatan diantaranya, Sosialisasi kepada jajaran Bunda PAUD tingkat kecamatan tentang pentingnya transisi PAUD ke SD kelas awal, pembentukan Forum Komunikasi yang melibatkan berbagai unsur pendidikan didalamnya yang berfungsi untuk mengawasi langsung penerapan transisi PAUD ke SD secara masif dan efektif”, Pintanya pada Bunda Paud Aceh Tengah.

Mengaminkan harapan tersebut, Bunda Paud Kabupaten Aceh Tengah, Ny. Novita Mirzuan, juga berharap kepada seluruh stakeholder terutama pihak jajaran pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, seluruh komponen lintas sektor pendidikan, dan Tim Pokja Paud Aceh Tengah, untuk dapat bersama-sama mendukung dan menyukseskan apa yang menjadi program prioritas yang disampaikan Bunda Paud Aceh di Kabupaten Aceh Tengah.

“Pun demikian, saya secara pribadi, mengucapkan banyak terimakasih kepada seluruh pihak yang telah menaruh perhatian khusus untuk sukses program transisi PAUD ke SD yang menyenangkan”, Ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, tampak turut hadir, Kabid Dikdas Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Anggota Pokja Paud Aceh Tengah, Pengawas, Kepala Sekolah serta para Guru SD N 9 Atu Lintang. (HMA/ProkopimAT)

X