Lestarikan Kesenian dan Masakan Gayo, Kecamatan Bintang Gelar Bintang Fair

331

Takengon – Mengangkat Tema “Lestari Budayaku, Maju Wisataku, Bangkit Bintangku”, Pemerintah Kecamatan Bintang bekerjasama dengan unsur pimpinan Kecamatan setempat serta Sanggar Pegayon dan Komunitas Seni Budaya Nasional (KSBN) menggelar acara yang bertajuk Bintang Fair.

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari (26-27 November 2022) bertempat di Bintang Resort Pante Menye, dengan tujuan untuk melestarikan kesenian dan masakan khas Gayo.

“Ada dua kegiatan yang dilaksanakan, yang pertama kuliner khas Gayo yang berlangsung hari ini, dan besok akan ditampilkan lomba didong antar desa dengan batasan umur (peserta) yang telah ditetapkan”, ujar Camat Bintang, Erfan Julianto dalam sambutannya dalam seremoni pembukaan kegiatan tersebut, Sabtu (26/11/2022).

“Kenapa ada batas umur, karena kita ingin menciptakan, mewujudkan dan juga memunculkan kader-kader baru, kader-kader ceh didong yang ada di kecamatan Bintang ini”, lanjutnya menjelaskan.

Dikatakan Erfan, kegiatan seperti ini baru pertama kali dilaksanakan di kecamatan Bintang. Untuk itu ia berharap kegiatan ini nanti lebih dapat ditingkatkan lagi dengan berbagai lomba, baik itu lomba seni budaya di bidang pendidikan juga bisa dikolaborasikan dengan lomba perahu atau lomba pacu kuda jika memungkinkan nanti pada tahun 2023 mendatang.

Pada kesempatan yang sama, Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh, Kemasyarakatan, dan SDM Ir. Khaidir, MM membacakan sambutan Bupati Aceh Tengah menyampaikan apresiasi atas inisiatif jajaran Kecamatan bintang beserta segenap panitia.

“Kami menilai kegiatan seperti ini merupakan kepedulian bersama untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai budaya dan adat istiadat di tengah kemajuan teknologi informasi yang terus berkembang”, ujar Khaidir. (KS/ProkopimAT)

X