Meriahkan Peringatan HUT OTDA Ke 27 Pemkab Aceh Tengah Gelar Bakti Sosial Di Daerah Perbatasan

213

Takengon – Masih dalam rangka memeriahkan Idul Fitri 1444 H sekaligus bertepatan dengan peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII tahun 2023 ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Gelar Bakti Sosial Bagi Masyarakat, Kampung Tanoh Depet dan Depet Indah, Kecamatan Celala, Kabupaten Aceh Tengah.

Berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 11 Tahun 1996, tanggal 25 April ditetapkan sebagai Hari Otonomi Daerah. Adapun tema peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXVII tahun 2023 ini adalah “Otonomi Daerah Maju, Indonesia Unggul”. Tema tersebut memiliki arti penyelenggaraan Otonomi Daerah merupakan bentuk pengakuan Pemerintah Pusat terhadap kemandirian daerah, guna mendekatkan layanan kepada masyarakat, meningkatkan daya saing daerah melalui pemberdayaan masyarakat dan Pemerintah Daerah, dalam mencapai tujuan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Bakti Sosial yang mengambil tempat di wilayah perbatasan dengan Kabupaten Nagan Raya tersebut, berlangsung di Lingkungan SD Negeri 6 Celala, secara langsung dihadiri oleh Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T Mirzuan. MT, yang juga didampingi Pj Ketua TP PKK Aceh Tengah Novita, para kepala OPD terkait, Camat beserta Forkopimcam Kecamatan Celala.

“Ini adalah momentum bagi seluruh unsur pemerintahan untuk secara bersama-sama berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan membangun Pemerintahan Daerah yang bersih, transparan dan akuntabel”. Ungkap Pj Bupati dalam sambutan dan Arahannya.

Selain itu Menurutnya, peringatan Otda yang dikemas seperti dengan berlangsungnya Bakti Sosial berupa pelayanan kesehatan dasar bergerak, dan penurunan stunting, AKI/AKB, TBC Paru dan peningkatan cakupan imunisasi serta pengendalian penyakit tidak menular (PTM) Dinas Kesehatan Aceh Tengah tahun 2023.

“Dengan diadakannya salah satu kegiatan kepedulian atas kesehatan masyarakat, adalah langkah mensukseskan program nasional Indonesian sehat, mengoptimalkan layanan kesehatan utamanya di kawanan terpencil, dengan memperhatikan karakteristik daerah masyarakat yang ada”, Imbuhnya.

“Ini merupakan salah satu bentuk kepedulian kami, Pemkab Aceh Tengah kepada masyarakat, dan ini semua semata-mata dengan niat memberikan pelayanan yang maksimal”, Ulas Pj Bupati.

Pemkab Aceh Tengah juga berkomitmen siap membantu rakyatnya yang membutuhkan. Menurutnya, masyarakat Kampung Tanoh Depet dan Depet Indah harus lebih bersemangat memajukan daerah yang berada di dekat perbatasan dengan Kabupaten Nagan Raya itu.

“Pemerintah siap konsen membantu melalui tingkat pemerinatah baik dari tingkat Kampung, dan pemerintahan tingkat kecamatan hingga ke tingkat Kabupaten sebagai mana semangat membangun Otonomi Daerah,” ungkap nya.

Pj Bupati bersyukur Kampung Tanah Depet dan Depet Indah telah berhasil menjadi daerah dengan Zero stunting, dan mudah-mudahan anak-anak dari kedua wilayah terset mendapat masa depan yang cerah.

“Tidak ada yang tidak mungkin untuk sukses dimasa depan karena masa depan dengan kemauan yang serius dan benar maka cita-cita yang baik pasti akan tercapai, terutama sebagai generasi emas pada tahun 2045 mendatang ” Pungkas Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T Mirzuan. MT. (HMA/ProkopimAT)

X