Mirzuan Bertindak Sebagai Pembina Apel Peringati Hari Amal Bhakti Ke-78 Tahun 2024

146

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah T. Mirzuan, MT, mengikuti Apel Hari Amal Bhakti (HAB) Ke-78 Kementerian Agama Republik Indonesia Tahun 2024, yang berlangsung di MAN 2 Aceh Tengah, Rabu (03/01/2023).

Dalam kesempatan tersebut, Penjabat Bupati Aceh Tengah T. Mirzuan, MT, bertindak sebagai Pembina Apel, dengan langsung membacakan sambutan dari Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas.

Dalam sambutan Menteri Agama Republik Indonesia menyampaikan, hari amal bakti tentu tidak semata sebuah nama, tetapi didalamnya terkandung harapan dan tekad untuk mencurahkan pengabdian kepada seluruh umat beragama.

“pada peringatan Hari Amal Bakti ke-78 Kementerian Agama ini, saya mengajak kita semua untuk terus meningkatkan semangat pengabdian dan perjuangan kita mewujudkan segala cita dibentuknya Kementerian Agama,” ucap Mirzuan.

“tugas berat kita adalah menjaga harmoni kehidupan beragama sebagai salah satu pilar kerukunan nasional, tugas berat ini dilaksanakan di antaranya dengan memberikan layanan yang adil, transparan, dan akuntabel untuk seluruh umat beragama, selain itu, kita juga memiliki tugas untuk membangun karakter bangsa melalui pendidikan agama,” lanjutnya.

Kemudian, pada sambutan tersebut juga menyembutkan, diperlukannya penguatan moderasi beragama, transformasi digital, revitalisasi KUA, kemandirian pesantren, cyber islamic university, religiousity index, tahun kerukunan umat beragama adalah ikhtiar dalam memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat. hasilnya sudah mulai terlihat.

“moderasi beragama sudah menjadi napas dalam setiap derap langkah insan beragama, transformasi digital terlaksana di seluruh satuan kerja Kementerian Agama dan lembaga-pendidikan keagamaan,” katanya.

Saat ini, KUA sudah bertransformasi menjadi semakin baik dalam memberikan layanan, pesantren-pesantren mulai menapaki fase kemandirian dalam amal usaha dan ekonomi, cyber university sudah on the track. dan kerukunan umat beragama pun semakin meningkat.

“tentu saja, keberhasilan-keberhasilan itu bukan tanpa kekurangan, masih banyak yang harus dibenahi dalam rangka perbaikan program mendatang, kita jangan berpuas diri dengan berbagai hasil yang dicapai, kita harus selalu mengevaluasi diri karena tugas kita belum usai,” tegas Mirzuan.

“momentum pergantian tahun dan peringatan HAB ke- 78 Kementerian Agama ini adalah saat yang tepat untuk memperbaiki diri menjadi lebih baik, saya juga mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk meningkatkan spirit layanan kita kepada seluruh umat beragama,” tambahnya.

Dengan mengangkat tema “Indonesia Hebat Bersama Umat” pada Hari Amal Bhakti Ke-78, memiiki makna bersama umat untuk menuju Indonesia yang hebat, sebagai wujud dari membersamai umat ini adalah dengan memberikan layanan yang sebaik-baiknya kepada seluruh umat beragama.

“oleh karena itu, mari kita wujudkan birokrasi yang melayani, kita layani umat dengan senang hati, riang gembira, dan penuh pengabdian, jadikan pelayanan umat ini sebagai panggilan hati, bukan semata kewajiban birokrasi,” ujarnya.

“terakhir, selamat memperingati Hari Amal Bakti Ke-78 Kementerian Agama, semoga Kementerian Agama terus jaya, serta menjadi oase dan pelayanan umat yang terbaik.” tutup Mirzuan pada sambutan Menteri Agama Republik Indonesia. (AS/ProkopimAT)

X