Mirzuan Hadiri Kegiatan Peserta Audit Kasus Stunting Damar Mulyo

85

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, hadiri kegiatan Peserta Audit Kasus Stunting di Kampung Damar Mulyo Kecamatan Atu Lintang, Rabu (23/08/2024).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Tengah, Kepala BKBP3A Kabupaten Aceh Tengah, Camat Atu Lintang dan Jajaran Unsur Forkopimcam Kecamatan Atu Lintang, Reje Damar Mulyo, Ketua TP PKK Kecamatan, Kampung beserta seluruh Anggota tersebut, masyarakat sekitar dan juga tamu undangan lainya.

Dalam sambutan Penjabat Bupati Aceh Tengah Mirzuan menyampaikan, audit Kasus Stunting adalah kegiatan untuk mencari penyebab terjadinya Kasus Stunting sebagai upaya pencegahan terjadinya kasus serupa.

Audit Kasus Stunting dilaksanakan dalam bentuk pertemuan dan pemeriksaan oleh Tim percepatan penurunan Stunting (TPPS) Kabupaten Aceh Tengah berdasarkan laporan dari TPPS Kecamatan Atu Lintang dan Kampung Damar Mulyo.

“sehingga dengan adanya peserta audit kasus stunting, memudahkan untuk melakukan konvergensi, koordinasi, dan konsolidasi, dari program pusat, daerah, dan kampung serta peran pemangku kepentingan,” ujar Mirzuan.

“dan kita dapat menggali kasus-kasus stunting yang sulit untuk diatasi serta dapat mengidentifikasi risiko terjadinya stunting,” lanjutnya.

Kemudian, Mirzuan juga menambahkan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah sudah melakukan upaya penurunan stunting, salah satunya dengan program gamawar dan orang tua asuh stunting melalui Bank Aceh Syariah dan Bank Syariah Indonesia.

“sudah adanya program gamawar dan program orang tua asuh bagi anak kita yang mengalami stunting, dan bagaimana penyaluran bantuan tersebut dapat dikelola dengan baik untuk memenuhi gizi dan asupan,” jelas Mirzuan.

“ikuti menu harian 4 sehat 5 sempurna, untuk menyempurnakan gizi dan asupan bagi tumbuh kembang anak kita yang mengalami stunting,” lanjutnya.

Dengan demikian Mirzuan mengajak kepada seluruh pihak yang berperan aktif dalam pencegahan dan penurunan stunting di Kabupaten Aceh Tengah terkhususnya di Kampung Damar Mulyo.

“mengingat Kampung Damar Mulyo ialah Kampung dengan kasus stunting tertinggi di Kabupaten Aceh Tengah,” ujarnya.

“marilah kita bersama-sama berpartisipasi dan berperan aktif dalam pencegahan dan penurunan stunting ini, untuk mewujudkan pencapaian target penurunan stunting di tahun 2024.” tutup Mirzuan. (AS/ProkopimAT)

X