Pacuan Kuda Tradisional Gayo dalam rangka Memeriahkan HUT Kota Takengon ke-446 dibuka Secara Resmi Oleh Pj. Bupati Aceh Tengah

229

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT membuka secara resmi Pacuan Kuda Tradisional Gayo dalam rangka HUT Kota Takengon yang ke-446 di Lapangan Pacuan Kuda HM Hasan Gayo, Belang Bebangka Pegasing, Selasa, (27/02/2023).

Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Mirzuan menyebutkan bahwa event pacuan kuda bukan hanya sekedar ajang hiburan saja, namun juga sebagai wadah untuk silaturahmi mempererat tali persaudaraan dan menjaga keharmonisan.

Selaku Penjabat Bupati Aceh Tengah Mirzuan sangat mengapresiasi antusias dan semangat masyarakat Aceh Tengah dalam memeriahkan HUT Kota Takengon.

“Saya selaku Penjabat Bupati Aceh Tengah sangat mengapresiasi semangat seluruh lapisan masyarakat Aceh Tengah yang begitu antusias menyambut serta memeriahkan HUT Kota Takengon yang ke-446. Saya berharap kegiatan ini dapat di laksanakan untuk tahun-tahun berikutnya,” jelas Mirzuan.

Melihat Kabupaten Aceh Tengah yang memiliki potensi wisata yang cukup tinggi. Dan pada umumnya hanya menawarkan wisata alam yang indah saja. Dengan adanya pelaksanaan Pacuan Kuda dapat menjadi momentum untuk mempromosikan atraksi pariwisata serta dapat meningkatkan dan dan menciptakan pengalaman yang baik bagi wisatawan yang ada.

Melalui promosi atraksi pariwisata, besar kiranya Mirzuan mengharapkan dengan meningkatkannya para wisatawan yang berkunjung, secara tidak langsung dapat memicu pertumbuhan ekonomi Kabupaten Aceh Tengah.

“Dengan ini pariwisata di daerah kita memiliki hal beragam yang dapat di tawarkan kepada pengunjung. Pariwisata juga dapat berdampak untuk meningkatkan pendapatan Devisa daerah, menciptakan lapangan kerja untuk masyarakat , serta meningkatkan industri pariwisata yang dapat memicu pertumbuhan ekonomi di daerah kita,” tambah Mirzuan.

Sebelum menutup sambutannya, Mirzuan mengajak seluruh lapisan masyarakat Aceh Tengah untuk terus membangun Kota Takengon dan senantiasa untuk memelihara, menjadi, dan melestarikan budaya dan tradisi yang ada salah satunya seperti Pacuan Kuda Tradisional Gayo.

“Mari kita satukan tekad untuk terus membangun Kota Takengon dan Kabupaten Aceh Tengah yang kita cintai.” tutup Mirzuan.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pariwisata Aceh Tengah Zulkarnain, SE, MM dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan Pacuan Kuda Tradisional Gayo dalam rangka memeriahkan HUT Kota Takengon yang ke-446 Tahun 2023 diikuti oleh 288 ekor kuda dari lima Kabupaten diantaranya Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, dan Aceh Tamiang.

Kepala Dinas Pariwisata Aceh Tengah itu juga menyebutkan pacuan kuda kali ini di ikuti dengan 6 kelas, mulai kelas F hingga kelas A Tua dan Muda yang akan dilaksanakan selama satu minggu kedepan hingga Ahad 5 Maret 2023 mendatang. (AS/ProkopimAT)

X