Peluncuran Pilkada Aceh Tengah Tahun 2024, Pj. Bupati : Peran Masyarakat Dalam Mengawasi dan Menjaga Kondusifitas

231

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah T. Mirzuan, MT, menghadiri acara Peluncuran Pilkada dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Aceh Tengah Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tengah, berlangsung di Lapangan Sanggamara Komplek Kodim 0106 Aceh Tengah, Minggu pagi (19/05/2024).

Turut hadir lama kegiatan tersebut, Para unsur pimpinan Kabupaten Aceh Tengah, Ketua KIP Aceh, Ketua dan anggota KIP Aceh Tengah, Sekretaris KIP Aceh dan Sekretaris KIP Aceh Tengah, serta juga dimeriahkan oleh masyarakat Kabupaten Aceh Tengah.

Dalam sambutannya Mirzuan menyampaikan, peluncuran pemilihan Bupati dan Wakil Bupati merupakan momen penting dalam kehidupan demokrasi, karena itu diperlukan dukungan dari seluruh pihak untuk dapat melancarkan dan menyukseskan pilkada serentak tahun 2024.

Ia melanjutkan, seluruh proses dan tahapan pemilihan harus berpedoman pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 2 Tahun 2024 tentang Tahapan dan Jadwal Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, serta Walikota dan Wakil Walikota Tahun 2024.

”terdapat dua tahapan, yaitu tahapan persiapan dan tahapan penyelenggaraan, untuk itu mari kita bersama-sama mengawal seluruh proses mulai dari tahap awal sampai akhir sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan,” jelas Mirzuan lebih lanjut.

Mirzuan juga menyampaikan pentingnya koordinasi dan komunikasi adalah kunci suksesnya penyelenggaraan pemilihan. Peran KIP sangat krusial sebagai penyelenggara utama pilkada. Karena itu, sinergi antara KIP, PPK, PPS, dan pemerintah daerah harus terjalin dengan harmonis untuk memastikan setiap tahapan pemilihan terlaksana dengan baik dan sesuai rencana.

Sebagai penutup dalam kesempatan tersebut, Penjabat Bupati Aceh Tengah kembali menegaskan, akan pentingnya partisipasi aktif dari masyarakat Aceh Tengah dalam pesta demokrasi ini. Masyarakat memiliki peran penting dalam menciptakan suasana kondusif yang mendukung terlaksananya pemilihan yang damai dan demokratis.

”partisipasi masyarakat bukan hanya dalam bentuk memberikan suara, tetapi juga dalam mengawasi jalannya proses pemilihan agar berlangsung secara transparan dan akuntabel, masyarakat juga memiliki peran penting dalam menjaga kondusifitas yang ada,” tegasnya.

”untuk itu, mari kita bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban selama seluruh tahapan pemilihan berlangsung, kami mengimbau kepada semua pihak, baik aparat keamanan, penyelenggara pemilihan, maupun masyarakat umum, untuk bekerja sama dalam menciptakan situasi yang aman dan kondusif, serta mencegah segala bentuk pelanggaran dan kecurangan.” tutup Mirzuan. (AS/ProkopimAT)

X