Pemkab Aceh Tengah Siap Ikuti Arahan Mendagri Terkait Penanganan Inflasi Jelang Idul Fitri

192

Takengon – Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T Mirzuan. MT, yang tampak didampingi Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Subhandhy, AP, M.Si, beserta jajaran pimpinan perangkat daerah terkait lainnya, kembali mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) Pengendalian Inflasi secara virtual, di Commend Center komplek Setdakab Aceh Tengah, Senin (10/4/2023).

“Pengendalian inflasi di negara kita berjalan sangat baik, untuk itu kepada seluruh kepala daerah untuk bersama-sama untuk mempertahankan angka tersebut, pengendalian inflasi paling ideal yaitu pada angka 3 persen,”.

Demikian ungkap Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian yang memimpin langsung rakor dari Gedung Sasana Bhakti Praja, Kemendagri. Lebih lanjut Mendagri Tito, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), angka Inflasi nasional di bulan Maret 2023 berada di angka 4,97 persen.

Tito mengatakan Badan Pusat Statistik (BPS) merilis inflasi di bulan Maret 2023 yakni 4,97 persen dimana, mengalami penurunan dibanding bulan sebelumnya yaitu 5,47 persen, “Tingkat inflasi Indonesia berada di urutan delapan tingkat inflasi terendah dari 24 negara G20, artinya kinerja kita sudah cukup baik,” kata Tito lebih lanjut.

Dalam Rakor rutin inflasi yang diikuti perwakilan kementerian ataupun lembaga terkait seperti Badan Pusat Statitik (BPS), Badan Pangan Nasional, dan stakeholder lainnya. Serta Gubernur, Bupati dan Wali Kota se Indonesia itu, kembali mengevaluasi tahapan penanganan dan pengendalian inflasi yang dilakukan di masing-masing daerah.

“Kami mohon dukungan dan bantuan kepada seluruh kepala daerah dan Tim Pengendalian inflasi di daerah supaya terus konsisten melakukan berbagai langkah dan upaya serta rutin memantau perkembangan inflasi di masing-masing daerah, sehingga angka inflasi nasional kita setiap minggunya terus menurun,” ucap Mendagri Tito Karnavian.

Mendagri menyampaikan apresiasi dan terima kasih dari Presiden RI Joko Widodo atas kerja keras dan kerja sama para Kepala Daerah beserta segenap Tim Pengendalian inflasi di daerah yang terus konsisten melaksanakan Rakor seperti ini setiap minggunya dalam rangka evaluasi.

Menangkapi hal itu secara terpisah usai berlangsung nya rakor tersebut, Pj. Bupati Aceh Tengah,Ir. T Mirzuan. MT, mengatakan, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah siap menjalankan arahan dari pemerintah pusat melalui Kemendagri terkait dengan pengendalian inflasi khusus nya menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H mendatang.

“Kami di Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah telah melakukan berbagai upaya seperti apa yang sudah disampaikan Mendagri, salah satunya menyelenggarakan pasar murah bersubsidi untuk keluarga kurang mampu atau keluarga miskin, se-Kabupaten Aceh Tengah, menjalankan arahan Presiden terkait bantuan pangan bagi masyarakat, melibatkan Dinas pangan dan Dinas sosial yang diberikan langsung ke KPM, serta berbagai kebijakan lainnya guna antisipasi terjadinya peningkatan angka inflasi di daerah Aceh Tengah”. Tegas Penjabat Bupati T Mirzuan. (HMA/ProkopimAT)

X