Penjabat Bupati Aceh Tengah Hadiri Koordinasi Perekrutan Badan ADHOC KPPS

133

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah, T. Mirzuan, MT, menghadiri Koordinasi Perekrutan Badan ADHOC Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dan Persiapan Pelaksanaan Pemungutan, Perhitungan, dan Rekapitulasi Hasil Perhitungan Perolehan Suara Pemilu Tahun 2024, Selasa (26/12/2023), di Hotel Parkside Petro Gayo.

Dalam sambutannya Mirzuan menyampaikan, sangat mengapresiasi acara Koordinasi Perekrutan Badan ADHOC KPPS, yang juga menjadi bagian penting suksesnya pelaksanaan pemilu serentak 2024.

“selaku Penjabat Bupati Aceh Tengah saya mengapresiasi atas terlaksananya rapat koordinasi rekrutmen badan ADHOC KPPS dan persiapan pelaksanaan tahapan dalam pemilu tahun 2024 ini,” ucapnya.

“kegiatan ini kami nilai sangat relevan dengan upaya kita untuk mewujudkan pemilu yang berkualitas,” tambah Mirzuan.

Berdasar hukum terkait, rekrutmen anggota ADHOC KPPS, yakni peraturan kpu nomor 8 tahun 2022 tentang pembentukan dan tata kerja badan ADHOC penyelenggara pemilihan umum, pemilihan gubernur, wakil gubernur, bupati dan wakil bupati serta walikota dan wakil walikota.

Salah satu peran dari badan ADHOC sangatlah penting dalam penyelenggaraan pemilihan, salah satunya berkaitan dengan peningkatan partisipasi masyarakat.

“badan ADHOC juga merupakan tulang punggung lembaga penyelenggara pemilu, karena memiliki peran penting dan strategis,” kata Mirzuan.

“selain peran dalam tahapan, juga kewenangan yang besar dalam menjaga orisinalitas suara pada hari pemungutan suara di TPS, sehingga proses yang dijalankan sesuai kenyataan dan aturan perundang-undangan,” ujarnya lebih lanjut.

Mirzuan mengharapkan, agar hasil dari rekrutmen badan ADHOC KPPS nantinya akan menghasilkan badan penyelenggara yang profesional, proposional, akuntabilitas, tertib, bersikap adil, jujur dan berorientasi pada kepastian hukum.

“saya harap dengan dilakukan pengrekrutan ini dapat menciptakan hasil penyelenggaraan yang profesional, akuntanbel, dan tentunya berorientasi pada kepastian hukum,” lanjut Mirzuan.

“maka dari itu saya menghimbau agar semua yang terlibat dalam rekrutmen ini untuk dapat memberikan pengawasan dengan bersungguh-sungguh sesuai dengan tahapan pemilu sebagaimana diamanatkan undang-undang,” jelasnya.

Mengakhiri sambutannya Mirzuan menyampaikan, persiapan pelaksanaan tahapan dalam pemilu tahun 2024 terus dilakukan, untuk menciptakan suasana aman dan damai selama proses pemilihan.

“kita juga harus berfokus untuk menciptakan suasana aman dan damai selama proses pemilihan, tidak lupa pula hendaknya kita senantiasa menjaga semangat kebersamaan dan persatuan,” ujarnya.

“mari kita jadikan pemilu seperti layaknya suatu pesta demokrasi, dimana masyarakat bebas memilih tanpa intimidasi oleh siapapun dan pihak manapun.” tutup Mirzuan. (AS/ProkopimAT)

X