Penjabat Bupati, Apresiasi Pelepasan Produk PR. Bako Gayo Ke Pasar Nasional dan Internasional

316

Takengon – Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. Teuku Mirzuan, MT. hadir sekaligus memberikan sambutan pada acara Pelepasan Produk PR. Bako Gayo ke pasar Nasional dan Intenasioanal yang berlangsung di PR. Bako Gayo jalan Uyem Beriring, Kampung Asir-Asir Asia, Kecamatan Lut Tawar, Takengon, pada Selasa, (10/1/2023).

Tembakau adalah produk pertanian semusim yang bukan termasuk komoditas pangan, melainkan komoditas perkebunan. Sebagai bahan baku rokok dan cerutu, sangat sensitif terhadap cara budidaya, lokasi tanam, musim/cuaca, dan cara pengolahan.

Tembakau tidak akan menghasilkan kualitas yang sama apabila ditanam di tempat yang berbeda, Produk tembakau sangat khas untuk suatu daerah tertentu, Akibatnya, bermacam produk tembakau biasanya dinamai sesuai lokasi tanam nya, termasuk untuk tembakau Gayo Kabupaten Aceh Tengah.

Disampaikan Pj. Bupati Aceh Tengah pada kesempatan itu, secara pribadi dan atas nama Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, Pj. Bupati mengapresiasi keberhasilan pelaksanaan pelepasan produk Tembakau Gayo tersebut, baik ke pasar Nasional dan juga Internasional dari Kabupaten Aceh Tengah.

“Pelaksanaan pelepasan produk PR. Bako Gayo ke pasar Nasional dan Internasional menjadi salah satu langkah untuk dapat memperbaiki dan memajukan perekonomian Daerah, terkhusus Kabupaten Aceh Tengah”, Paparnya.

“Memasarkan produk lokal seperti tembakau dan rokok kepasar nasional dan internasional ialah keadaan yang harus terus ditingkatkan dan di pertahankan bagi PR. Bako Gayo serta pihak-pihak lain yang terlibat”, lmbuh Pj. Bupati.

Kami selaku pemerintah daerah mengharapkan dengan adanya pelepasan produk ini, ke pasar nasional maupun pasar internasional dapat meningkatkan ekonomi bagi masyarakat yang terlibat dalam proses pembuatan tembakau ini sendiri, dan kami berharap pelepasan produk tembakau ini dapat ditingkatkan dikemudian hari serta dapat dipertahankan untuk masa-masa yang akan datang, Harap Pj Bupati T. Mirzuan. (HMA/ProkopimAT)

X