Pj. Bupati Aceh Tengah Lantik Kembali Hairul Salam Sebagai Mukim Bebesen Kecamatan Bebesen

55

Takengon – Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT, secara resmi melantik Mukim Bebesen, yang terpilih kembali untuk mengemban tugas dalam pemerintahan setempat. Pelantikan ini merupakan bagian dari upaya untuk memperkuat administrasi pemerintahan di tingkat kampung, sehingga pelayanan publik dapat lebih maksimal dan merata di wilayah kerja Kecamatan Bebesen.

Dalam sambutannya, Pj. Bupati T. Mirzuan menyampaikan peran mukim sebagai penghubung pemerintah desa dengan pemerintah kabupaten, sekaligus sebagai penggerak pembangunan yang berbasis pada nilai-nilai adat dan budaya lokal.

“Peran mukim tidak hanya sebagai pemimpin administratif, tetapi juga pengayom, penegak hukum adat, serta menjaga keharmonisan dan kebersamaan di tengah-tengah masyarakat”, ucapnya.

Ia juga menyampaikan harapannya bahwa pelantikan Mukim Bebesen ini akan memperkuat struktur pemerintahan desa dan adat di Kabupaten Aceh Tengah. Beliau menekankan pentingnya peran mukim sebagai ujung tombak dalam pemerintahan setempat, yang harus mampu menjalankan amanah dengan penuh tanggung jawab dan integritas.

“Mukim Bebesen memiliki tugas berat namun sangat mulia, tanggung jawab besar yang diemban memerlukan dedikasi, integritas, serta komitmen yang tinggi. Saya percaya, mukim yang dilantik hari ini dengan pengalaman beliau memiliki kapasitas dan kapabilitas yang memadai untuk menjalankan amanah ini dengan baik”, ujar Pj. Bupati T. Mirzuan.

Kemudian dalam konteks pembangunan daerah, peran mukim sangat vital dan juga diharapkan mampu mengdaptasi teknologi informasi untuk mendukung tugas-tugasnya. “Selain itu, fokus utama adalah pengembangan potensi lokal, baik bidang pertanian, perikanan, kerajinan, maupun pariwisata dengan itu dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta memperkuat perekonomian di daerah”, tambahnya.

Pj. Bupati T. Mirzuan mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mendukung mukim dalam menjalankan tugas yang diemban agar lebih ringan jika mendapatkan dukungan penuh daru seluruh lapisan masyarakat. “Mari kita bergotong royong, saling bahu-membahu dan bersama-sama membangun Kemukiman Bebesen menjadi lebih maju, sejahtera dan harmonis”, ajak T. Mirzuan saat mengakhiri sambutan tertulisnya.

Selain itu, dalam acara pelantikan ini, turut hadir Camat Bebesen Hermansyah, S.STP, Forkopimcam Bebesen, para tokoh masyarakat, tokoh agama, dan para Reje dalam wilayah Kecamatan Bebesem. Hal ini menunjukkan dukungan luas dari berbagai pihak terhadap upaya pemerintah daerah dalam memperkuat administrasi pemerintahan di tingkat kampung.

Dengan demikian, pelantikan Mukim Bebesen oleh Pj. Bupati Aceh Tengah hari ini bukan hanya merupakan sebuah seremoni formal, tetapi juga merupakan komitmen nyata dari pemerintah kabupaten untuk terus memperkuat pemerintahan yang baik dan efektif ditingkat kampung. Semoga langkah ini dapat memberikan manfaat yang besar bagi seluruh masyarakat Aceh Tengah. (RH/ProkopimAT)

X