Pj. Bupati Aceh Tengah T. Mirzuan Hadiri Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 di Wilayah Sumatera

45

Medan – Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Republik Indonesia mengadakan Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 di wilayah Sumatera, bertempat Regale International Convertion Cente (RICC) Kota Medan Sumatera Utara, Selasa (09/07/2024).

Rakor tersebut dipimpin langsung oleh Menteri Koordinasi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, S.I.P, serta juga dihadiri oleh Mendagri RI, plt. Ketua KPU RI, Ketua Bawaslu RI, Asops Kapori, Pangkogabwilhan I, dan Kepala BSSN.

Dalam keynote speech yang disampaikan oleh Menteri Koordinasi Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI menyampaikan, penyelenggaraan Pilkada pertama kali dilaksanakan serentak seluruh Indonesia pada 2024 dan bersamaan dengan Pemilu, yang dilaksanakan di 545 daerah, 37 Provinsi (Pilgub), 415 Kabupaten (Pilbup), dan 93 kota (Pilwako).

Menko Polhukam juga menyampaikan beberapa tindak lanjut dalam menghadapi Pilkada tahun 2024 antara lain, Bersama-sama menjaga stabilitas di bidang politik, hukum, dan keamanan yang kondusif dan terkendali; Meningkatkan koordinasi antar Kementerian/Lembaga guna menyukseskan Penyelenggaraan Pilkada sesuai dengan regulasi & ketentuan yang berlaku.

Selanjutnya, perlu optimalisasi dalam fasilitasi Penyelenggaraan Pilkada Serentak agar dapat berjalan sesuai dengan jadwal dan tahapan yang telah ditetapkan; Seluruh komponen bangsa ikut terlibat aktif dalam menjaga serta mengedepankan persatuan dan kesatuan guna menghindari polarisasi di Masyarakat; dan Meningkatkan peningkatan Pendidikan Politik untuk memberikan edukasi & pencerahan kepada Masyarakat guna mewujudkan terselenggaranya pesta demokrasi yang aman, damai, kondusif, & berkualitas.

Saat ditemui, Penjabat Bupati Aceh Tegah Ir. T. Mirzuan, MT menyampaikan, Rapat koordinasi ini adalah bukti komitmen bersama untuk mempersiapkan penyelenggaraan pilkada serentak dengan sebaik-baiknya. Pentingnya kolaborasi dan sinergi antara pemerintah daerah, TNI, Polri, serta seluruh pemangku kepentingan lainnya dalam menciptakan situasi yang kondusif dan aman bagi pelaksanaan pilkada.

”Semoga rapat koordinasi ini dapat menghasilkan langkah-langkah konkret dan strategi yang efektif dalam menyukseskan pilkada serentak tahun 2024. Saya yakin, dengan kerja sama dan komitmen yang kuat, kita dapat mewujudkan pilkada yang demokratis, aman, dan damai.” harap Mirzuan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Gubernur se-wilayah Sumatera, Ketua DPRD Provinsi se-wilayah Sumatera, Komandan Satuan TNI beserta jajarannya, Komandan Satuan Kepolisian beserta jajarannya, Kepala Kejaksaan Tinggi se-wilayah Sumatera, Kabinda se-wilayah Sumatera, Ketua KPU Provinsi se-wilayah Sumatera, Ketua Bawaslu Provinsi se-wilayah Sumatera, Bupati/ Walikota se-wilayah Sumatera, Kaban Kesbangpol Provinsi se-wilayah Sumatera, Kaban Kesbangpol Kabupaten/ Kota se-wilayah Sumbagut, Ketua KPU Kabupaten/ Kota se-wilayah Sumbagut, Ketua Bawaslu Kabupaten/ Kota se-wilayah Sumbagut, Perwakilan Anggota Parpol, dan Perwakilan tokoh agama dan tokoh masyarakat. (AS/ProkopimAT)

X