Pj. Bupati Aceh Tengah Tinjau Distribusi Logistik Pemilu di Daerah Terpencil

145

Takengon – Guna memastikan kelancaran pelaksanaan Pemilihan Umum serentak pada 14 Februari 2024 di Kabupaten Aceh Tengah, Pj. Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT turun langsung meninjau distribusi logistik pemilu dan kondisi TPS desa terpencil dan terjauh di Kemukiman Jamat Kecamatan Linge Kabupaten Aceh Tengah, Selasa (13/02/2024).

Ikut bersama Pj. Bupati, Kapolres Aceh Tengah AKBP Dody Indra Eka Putra, Ketua MPU Aceh Tengah, Tgk. Amri Jalaluddin, Ketua KIP Aceh Tengah, Sertalia, Kasatpol PP dan WH Aceh Tengah, Ariansyah, AR, kepala OPD dan Camat Linge, Win Akbar.

Seperti kita ketahui, Kemukiman Jamat merupakan salah satu wilayah terpencil dan terjauh di Kecamatan Linge, dengan jarak lebih dari 70 km dari ibukota kabupaten.

Perjalanan yang menempuh jarak kurang lebih memakan waktu hampir tiga jam ini, dilalui rombongan. Kampung Reje Payung, Kampung Linge, Kampung Delung Sekinel, Kampung Kute Reje dan Kampung Jamat Kecamatan Linge masuk kampung wilayah terpencil dalam Aceh Tengah dengan kondisi jalan menuju desa harus melewati medan yang cukup berat.

Memasuki Kampung Reje Payung di wilayah terpencil tersebut, kendaraan yang ditumpangi Pj. Bupati dan rombongan, terpaksa harus didorong ramai-ramai karena sulitnya medan yang dilalui.

Begitu juga pengiriman logistik Pemilu ke TPS selain melibatkan roda empat modifikasi juga menggunakan sepeda motor agar logistik Pemilu bisa sampai ke TPS.

Di lima Kampung Kemukiman Jamat memiliki masing-masing memiliki satu Tempat Pemungutan Suara (TPS). Kampung Reje Payung yang pertama dikunjungi memiliki 205 daftar pemilih tetap atau surat suara, Pj. Bupati bersama rombongan sempat berdialog dengan petugas PPS, KPPS dan Anggota PAM TPS terkait pelaksanaan pemilu.

Kapolres Aceh Tengah AKBP Dody Indra Eka Putra, mengapresiasi petugas penyelenggara pemilu PPS dan KPPS yang telah mempersiapkan dengan baik sesuai prosedur teknis pelaksanaan dan perjuangan petugas dalam mengantar logistik pemilu sampai ke tujuan TPS.

“Terimakasih atas kesiapannya rekan-rekan PPS sudah bagus, ditata sudah sesuai prosedur. Surat logistik tadi malam sudah terima dengan baik walaupun penuh perjuangan dilalui, yang paling penting jaga kesehatan anda, kalau ada kesempatan silahkan atur waktu beristirahat”, tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Pj. Bupati T. Mirzuan mengatakan kehadirannya untuk memastikan kelancaran pelaksanaan pesta demokrasi yang dihelat esok hari berjalan damai, aman, dan tertib di desa terpencil dan terjauh berjalan dengan lancar.

“Alhamdulillah kita sampai juga ke TPS di kemukiman Jamat Kecamatan Linge, walaupun menempuh perjalanan yang sulit dan melelahkan, tapi tekad kami ingin hadir dan memastikan langsung desa terjauh juga siap untuk menyelenggakan pemilu”, ucapnya.

Ia menambahkan, petugas penyelenggara pemilu telah bekerja keras untuk menyuseskan tahapan demi tahapan pemilu. “Semua pihak sudah bekerja sesuai tugas dengan persiapan matang untuk menyukseskan pemilu 2024. Tetap semangat jaga kesehatan, jangan lupa berdoa setiap mengawali aktifitas”, ujar T. Mirzuan.

T. Mirzuan juga mengajak masyarakat Kemukiman Jamat untuk datang ke TPS berpartisipasi langsung ikut menyukseskan perhelatan pesta demokrasi di Indonesia. “Semua pihak khususnya masyarakat mari bersama-sama kita sukseskan Pemilu Tahun 2024. Ayo datang ke TPS, jangan sampai golput, suara kita menentukan untuk lima tahun kedepan”, tutup Pj. Bupati. (RH/ProkopimAT)

X