Puncak Penganugerahan Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Aceh Tengah Digelar, Ini Para Jawara LISIK 2022

257

Takengon – Bupati Aceh Tengah berikan penghargaan kepada perangkat daerah dan Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai individual pengembangan inovasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah yang telah berhasil menciptakan inovasi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Penyerahan penghargaan tersebut diberikan dalam gelaran Puncak Penganugerahan Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Aceh Tengah LISIK 2022, yang mengambil tempat di Aula Gedung Ummi Komplek Pendopo Bupati Aceh Tengah Takengon, pada Kamis, (15/12/2022).

Bupati Aceh Tengah, Drs Shabela Abubakar dalam kesempatan itu menyampaikan, penghargaan tersebut merupakan bentuk apresiasi kepada perangkat daerah dan ASN inovator yang berkomitmen dalam memajukan dan membuat perubahan positif dalam lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, terlebih inovasi yang diciptakan dapat dirasakan langsung manfaatnya oleh masyarakat.

Selaku Pimpinan Daerah Bupati Shabela menyambut baik kegiatan dalam upaya memberi perhatian serius terhadap peran strategis Pemerintah, utamanya dalam meningkatkan kinerja dan daya saing seluruh stakeholder terkait, mewujudkan Visi dan Misi pembangunan di Kabupaten Aceh Tengah.

“Kami mengharapkan kepada seluruh Perangkat Daerah untuk dapat lebih aktif melahirkan terobosan-terobosan baru yang lebih inovatif lagi, kami juga menegaskan, setelah melalui upaya pembinaan, kedepan setiap Perangkat Daerah harus dapat berinovasi dalam tiap menjalankan tugas dan fungsinya masing-masing,” tegas Bupati Shabela.

Bupati berharap, reward tersebut mampu menggugah dan memotivasi seluruh perangkat daerah dan ASN dalam meningkatkan inovasi untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat.

“Mudah-mudahan dengan penghargaan ini, yang lain bisa terinspirasi dan termotivasi untuk bisa menciptakan inovasi-inovasi di lingkungannya masing-masing,” tuturnya.

Lebih dari itu, dalam sambutannya Bupati juga menyampaikan mereka yang mendapatkan anugerah penghargaan sebagai Agen Perubahan, akan dicatat dan menjadi poin lebih dalam pengembangan karir secara individu.

“Karena tidak semata-mata seorang ASN mampu menggagas dan mengimplementasikan inovasinya kecuali dia memang punya komitmen, dedikasi dan punya kompetensi, jadi saya sangat hargai itu,” Pungkas Bupati Shabela Abubakar.

Terpisah Dalam laporan Ketua pelaksana Lomba Inovasi Daerah LISIK 2022, Drs. Amir Hamzah, MM menyampaikan, pelaksanaan Lomba inovasi Daerah ini merupakan upaya meningkatkan Budaya Inovasi, Pelayanan Publik, bagi kesejahteraan Masyarakat di Kabupaten Aceh Tengah.

Lebih lanjut menjelaskan, LISIK 2022 diikuti para peserta dengan kategori berbeda, sebelumnya para pemenang lomba yang menerima penghargaan tersebut, telah melewati proses seleksi yang ketat, seleksi ini melalui beberapa tahapan yakni, penjaringan, pengukuran, presentasi dan validasi kunjungan lapangan.

Program Inovasi Daerah ini, merupakan Program Pusat, Lembaga Administrasi Negara RI, dibawah Deputi Bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara, yang menjalankan tugas dan fungsinya dalam hal pengkajian kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara serta pengkajian dan inovasi manajemen Aparatur Sipil Negara.

Berikut ini pemenang Lomba Inovasi Daerah Kabupaten Aceh Tengah (LISIK) Tahun 2022, Disdukcapil sebagai Perangkat Daerah Terinovatif, sedangkan Dinas Pendidikan Kebudayaan, Dinas Perikanan, Dinas Pertanian, Dinas perizinan satu pintu, Dinas Koperasi dan UKM, Dinas Perkim, PKM Lut Tawar, PKM Celala, PKM Ketol, PKM Bies dan PKM Pegasing sebagai Perangkat Daerah Inovatif.

Selanjutnya, Individu pengembangan inovasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah antara lain diberikan pada, Darmila, SE (Disdukcapil), Anhar S.ip (Disdukcapil), Munir S.kom. (Disdukcapil), Mustafa Kamal , S.stp. Mpa, (Disdukcapil), Dra. Purnamawati (Disdukcapil), Win arika Sp. (Dinas Pertanian), Iwan Hasri, S.Pi, M.si (Dinas Perikanan).

Huzaimah S.pt, (Dinas Perikanan), Saiful Tawaruddin, S.pi. (Dinas Perikanan) Mustafa Kamal, S.sos (Dinas Koperasi dan UKM), Isra Majida S.aka (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan), Hervia Yudistira ST.MT, (Dinas Perkim) Ema Fatrina S.Km (Dinas Perizinan) Alfiansyah S.Km, (Puskesmas Celala), Samsul Bahari Amd. Kep.Skep, Mars, (Puskesmas Kentol) Sulastri M.Skm (Puskesmas Lut Tawar), Hendry Kusnandi (Puskesmas Pegasing) dan Ratna Hidayah S.Km, (Puskesmas Bies), kesemuanya selain diberikan Anugerah berupa Sertifikat juga diberikan reward sebagai motivasi agar semakin meningkatkan inovasi di tahun-tahun mendatang. (HMA/ProkopimAT)

X