Melestarikan Budaya, Fuspita dan Kemenag Aceh Tengah Gelar Lomba Sya’ir Gayo

234

Takengon – Dalam rangka pelaksanaan perayaan peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kemenag Kabupaten Aceh Tengah menggelar beberapa lomba, diantaranya lomba Sya’ir Gayo Forum Ukhuwah Silaturrahmi Pengajian Ibu-ibu Takengon (Fuspita) se Kabupaten Aceh Tengah.

Mewakili Bupati Aceh Tengah, Asisten Pemerintahan, Keistimewaan dan Kesra Setdakab Aceh Tengah Drs. H. Mursyid, M.Si, hadir sekaligus menyampaikan arahan dan sambutan Bupati, dalam kesempatan gelaran Lomba Sya’ir Gayo Fuspita Se Kabupaten Aceh Tengah yang berlangsung di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon, Kamis (15/12/2022).

“Melalui kegiatan lomba ini, dapat menjadi wadah upaya kita untuk mempersiapkan generasi Gayo sebagai anak bangsa yang lebih baik dalam menghadapi tantangan masa depan yang semakin berat”, Ujar Asisten I membuka Sambutanya.

“Era globalisasi menuntut semua kita untuk melakukan segala upaya untuk menciptakan sumber daya manusia yang handal dan terampil dalam segala bidang, karena itu kegiatan hari ini kami nilai sangat penting sebagai bentuk pelestarian budaya Gayo”, Jelas Asisten I.

Dikatakannya, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan jalinan Silaturahmi antara ibu-ibu Fuspita se Aceh Tengah juga sebagai ajang untuk melestarikan budaya besya’ir dalam kehidupan masyarakat yang ada di Dataran Tinggi Tanah Gayo, yang belakangan mulai ditinggal kan.

“Sekaligus memperkenalkan kembali tradisi Sya’ir Gayo ini, utamanya di lingkungan forum ukhuwah silaturrahmi pengajian ibu-ibu takengon (Fuspita) se Kabupaten Aceh Tengah,” Imbuhnya.

“Tujuan utama kegiatan ini adalah ajang untuk bersilaturrahmi serta dapat menambah kedekatan antara seluruh forum ukhuwah silaturrahmi pengajian ibu-ibu takengon (Fuspita) dalam upaya melestarikan budaya Sya’ir Gayo dengan menggunakan Bahasa Gayo dan guna menanamkan nilai- nilai moral yang terkandung dalam Sya’ir Gayo kepada generasi muda”, Lanjutnya menyampaikan arahan Bupati.

Demikian yang kami samapaikan pada kesempatan ini, sekali lagi kami ucapkan selamat mengikuti lomba Sya’ir Gayo dengan baik dan sukses, dan semoga Allah SWT senantiasa memberi petunjuk dan membantu segala upaya kita bersama ini, Aamiin”, Pungkas Asisten Pemerintahan, Keistimewaan dan Kesra Setdakab Aceh Tengah Drs. H. Mursyid, M.Si, menutup sambutan tertulis Bupati Aceh Tengah. (HMA/ProkopimAT)

X