Sekda Aceh Tengah Bersama Ribuan Siswa Bersihkan Sampah di Danau Lut Tawar

73

Takengon – Sekda Aceh Tengah Subhandhy, AP, M.Si bersama ribuan siswa SMA dan SMK se-Kabupaten Aceh Tengah melakukan pembersihan sampah dan penanaman pohon di Pante Menye Kampung Kala Bintang, Kecamatan Bintang, Sabtu (18/5).

Kegiatan yang bertajuk “Tuntaskan Sampah Danau Lut Tawar dan Penghijauan bersama Siswa, Guru beserta Kepala Sekolah SMA/SMK se-Kabupaten Aceh Tengah” ini juga diikuti oleh Kasdim 0106 Aceh Tengah, mewakili Kapolres Aceh Tengah, Sekretaris Yayasan Hutan Alam dan Lingkungan Aceh (HAkA) dan Camat.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Sekolah SMK 1 Takengon yang juga sebagai Ketua Panitia pelaksana kegiatan Hajarus Salam, M.Pd mengatakan, kegiatan ini murni kegiatan peduli lingkungan, tidak ada unsur lain dalam kegiatan ini.

“Siswa sebagai generasi penerus bangsa, hari ini kita ajak untuk peduli terhadap lingkungan dan kegiatan hari ini dihadiri oleh 2.500 Siswa kurang lebih” kata Hajarus Salam.

Kemudian Sekretaris HAkA Badrul Irfan juga mengapresiasi kegiatan yang diinisiasi oleh SMK Negeri 1 Takengon dengan mengajak seluruh sekolah dalam wilayah Cabdin Aceh Tengah tersebut.

“Terimakasih sudah terlibat dengan aksi nyata ini, kami berharap agar semua sadar baik disini ataupun di lingkungan tempat kita tinggal, untuk terus membersihkan sampah-sampah yang berserakan” ujar Badrul.

Kemudian, pada kesempatannya Sekda Aceh Tengah yang sekaligus membuka kegiatan ini secara resmi mengatakan bahwa Danau Lut Tawar ini adalah sumber bagi kehidupan masyarakat Aceh Tengah dan sekitarnya harus dijaga dan dirawat.

“Airnya menjadi kebutuhan hidup sehari-hari bagi masyarakat Aceh Tengah juga dengan keindahannya dan kebersihan Danau ini, menjadi daya tarik wisatawan yang berkunjung ke Aceh Tengah” kata Subhandhy.

Subhandhy menambahkan untuk kegiatan hari ini tidak cukup dengan mengambil sampah saja, akan tetapi bagaimana sampah yang diambil dalam bernilai ekonomis dan dapat digunakan kembali dalam kehidupan.

“Tentunya kita menginginkan kegiatan ini tidak hanya mengambil sampah saja akan tetapi sampah ini dapat bernilai ekonomis dimana untuj dikurangi, dimanfaatkan kembali menjadi kebutuhan lainnya dan terakhir didaur ulang” tambah Subhandhy.

Terakhir Subhandhy mengharapkan kepada seluruh masyarakat seputaran Danau Lut Tawar agar menjaga kebersihan dan keindahan Danau tersebut.

“Kepada seluruh masyarakat seputaran Danau Lut Tawar agar menjaga kebersihan Danau ini, karena kita sendirilah yang akan mendapatkan manfaatnya ataupun orang lain yang datang ke Danau ini juga akan menambah nilai ekonomi bagi masyarakat sekitar Danau” tutup Sekda Subhandhy. (DPM/ProkopimAT)

X