Sekda Subhandhy Dukung Pendataan Podes 2024 Oleh BPS

72

Takengon – Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah Subhandhy, AP, M.Si menerima audiensi Kepala BPS Kab. Aceh Tengah Dr. Nuri Rosmika, SST. M.Si beserta rombongan, bertempat di ruang kerja Sekda, Rabu (15/05/2024) pagi.

Kegiatan ini dalam rangka pendataan Potensi Desa (Podes) tingkat Kabupaten, dimana di Aceh Tengah saat ini sedang dilakukan pendataan potensi desa tahun 2024 dan ini sudah berjalan sejak tanggal 2 Mei kemarin.

Dijumpai usai kegiatan, Subhandhy menyampaikan bahwa sebelumnya hampir seluruh desa dan Kecamatan sudah dilakukan pendataan oleh BPS.

“Hampir seluruh desa sudah didata, dan kemudian Kecamatan sudah dilakukan pendataan, dan hari ini mereka melaporkan kepada kami untuk meminta data-data yang harus diisi seperti kuesioner untuk data di tingkat Kabupaten”, jelas Subhandhy.

“Kita sudah melakukan hal tersebut dan kita mendukung Podes 2024 ini karena ini menjadi basis data ketersediaan infrastruktur dan kemudian potensi yang ada di setiap tingkatan mulai dari Desa, kemudian Kecamatan, kemudian Kabupaten. Dan ini menjadi dasar bagi pemerintah untuk melakukan pembangunan di masa-masa yang akan datang,” imbuhnya.

“Kemudian kita berharap Podes ini sukses, hasil data yang disampaikan akurat dan baik sehingga kedepannya pembangunan akan menjadi lebih baik”. Pungkas Subhandhy.

Sebagai informasi, pendataan Podes ini sendiri diselenggarakan setiap 3 (Tiga) tahun sekali.

Untuk tingkat desa bertujuan mendapatkan informasi karakteristik Desa. Meliputi karakteristik Sosial, Lingkungan Hidup, Mitigasi Bencana, Budaya, Olahraga dan Hiburan, TIK, Lahan, Ekonomi, Keamanan, Keuangan dan Aset, dan Aparatur desa.

Kemudian di tingkat Kecamatan bertujuan mendapatkan informasi potensi Kecamatan. Meliputi karakteristik Geografis, Sosial, Keamanan, Budaya, Wisata, Sarana Prasarana, LSM, Kesiagaan bencana, dan Aparatur Kecamatan.

Sementara untuk tingkat Kabupaten tujuannya mendapatkan informasi potensi Kabupaten. Meliputi karakteristik Pertambangan, Industri, Perhubungan, Mitigasi Bencana, Keamanan, Lingkungan Hidup, dan Aparatur Kabupaten. (KS/ProkopimAT)

X