Selama Libur Idul Fitri, “Perjaka” Tetap Layani Warga

390

Takengon – Libur Idul Fitri relatif panjang, namun Dinas Dukcapil Aceh Tengah tetap melayani warga yang membutuhkan dokumen kependudukan khususnya KTP elektronik dengan tetap membuka layanan Perjaka (Perekaman KTP Luar Jam Kerja).

Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal mengungkapkan inisiatif tetap membuka layanan Perjaka di masa libur Idul Fitri merupakan komitmen pihaknya untuk memberikan pelayanan terbaik dan membahagiakan warga.

“Biasanya pada masa libur Idul Fitri banyak warga yang pulang, umumnya adalah pelajar atau santri yang sekolah diluar dan sudah berusia wajib KTP sehingga dapat memanfaatkan waktu untuk melakukan perekaman sekaligus memiliki KTP elektronik,” kata Mustafa dalam siaran pers kamis (20/04/2023).

Inovasi Perjaka lahir didasari kebutuhan warga yang sudah berusia wajib KTP tapi kesulitan mengatur waktu untuk melakukan perekaman biometrik, sehingga bebas memesan jadwal waktu khusus untuk direkam di Kantor Dukcapil.

Hadirnya Perjaka menurut Mustafa semakin menambah upaya untuk melayani warga khususnya perekaman KTP, sebelum ini pihaknya sudah melakukan pelayanan keliling. Kemudian juga secara berkala melakukan perekaman di sekolah-sekolah dan layanan perekaman prioritas bagi disabilitas dan warga sakit menahun serta berusia lanjut.

“Umumnya warga yang memesan layanan Perjaka hari libur sabtu atau minggu, bahkan ada yang malam hari, semuanya kita layani, namun tetap syaratnya ada pemberitahuan terlebih dahulu, minimal sehari sebelumnya,” kata Mustafa.

Bagi warga Aceh Tengah yang mau memesan layanan perjaka dapat memesan melalui whatsapp di nomor +62 852-6001-4466 ataupun melalui direct message instagram @dukcapilkita. (*)

X