Staf Ahli Thamrin Dukung Penyusunan Dokumen Kajian Risiko Bencana Aceh Tengah 2024

60

Takengon – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah yang diwakili Staf Ahli Bidang Pembangunan, Ekonomi dan Keuangan M. Thamrin Elashri, SE, M.A.P menerima audiensi pihak Badan Penanggulangan Bencana Aceh (BPBA) terkait Penyusunan Dokumen Kajian Risiko Bencana (KRB) di Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2024, Senin (24/06/2024), bertempat di gedung Oproom Setdakab setempat.

Untuk diketahui, KRB merupakan mekanisme terpadu untuk memberikan gambaran menyeluruh terhadap risiko bencana suatu daerah dengan menganalisis tingkat ancaman, kerentanan, dan kapasitas dalam bentuk dokumen tertulis dan peta.

Audiensi ini adalah tahapan awal dalam penyusunan KRB guna koordinasi antara pihak BPBA dan BPBD Aceh Tengah.

Thamrin menyambut baik kunjungan tersebut dan mengatakan Aceh Tengah dengan kondisi topografi yang berbukit dinilai rentan terhadap berbagai bencana alam.

“Kabupaten Aceh Tengah dengan topografi berbukit-bukit memang rentan terjadi bencana alam baik di musim hujan maupun kemarau”, kata Thamrin.

Untuk itu, ia menekankan pentingnya kolaborasi berbagai stakeholder utamanya antara Pemkab Aceh Tengah dan BPBA dalam menyusun strategi mitigasi dan adaptasi bencana yang efektif.

“Kami berharap melalui pertemuan ini menjadi langkah awal dalam upaya penyusunan dokumen kebencanaan secara bersama-sama untuk menjaga keselamatan masyarakat Kabupaten Aceh Tengah dari berbagai ancaman bencana,” tutup Thamrin. (KS/ProkopimAT)

X