Tingkatkan Integritas dan Kolaborasi, Pesan Bupati Saat Membuka Kegiatan Bunda PAUD

72

Takengon – “Setiap Bunda PAUD baik di tingkat Kabupaten, Kecamatan dan Kampung harus memastikan terpenuhinya hak tumbuh kembang anak usia dini dalam hal pendidikan, kesehatan, gizi, perawatan, pengasuhan, serta perlindungan dan kesejahteraan anak”.

Terang Bupati Aceh Tengah Drs.Shabela Abubakar, pada kesempatan membuka kegiatan penguatan kapasitas Bunda PAUD Kecamatan dan Desa Sekabupaten Aceh Tengah Tahun 2021, bertempat di Gedung Ummi komplek Pendopo, Senin (13/09/2021).

Dalam sambutannya Bupati juga mengatakan, Pendidikan anak usia dini merupakan tangung jawab bersama, antara Keluarga, Masyarakat dan Pemerintah.

“Program PAUD tidak berdiri sendiri, namun terintegritas dan berkolaborasi yang kita kenal dengan Program PAUD Holistik Integratif, dukungan sarana, prasarana, sosialisasi, kebijakan, kepastian hukum, aturan dan pedoman, yang selaras akan mendorong tumbuhnya lembaga PAUD yang berkualitas,” Jelasnya.

Selanjutnya, kepada para Bunda PAUD Kecamatan dan Kampung yang hadir, Bupati berpesan agar membuat Pokja PAUD di wilayah tugasnya masing-masing, agar tugasnya sebagai Bunda PAUD dapat dilaksanakan secara maksimal.

Termasuk dalam mendukung Program Aceh Tengah Bebas Stunting 2022, dan juga Program pertumbuhan masa 1000 hari pertama kehidupan (1000 HPK) yang terdiri atas 270 hari selama kehamilan dan 730 hari pada dua tahun pertama kehidupan, pada masa periode emas akan sangat berpengaruh terhadap tumbuh kembang anak hingga masuk usia dewasa.

“Bunda PAUD harus memberikan kontribusi maksimal, dalam menjalankan peran nya, mewujudkan generasi tangguh, sehat dan cerdas, sekaligus mewujudkan program kita menjadikan Takengon Kota layak anak yang dapat terwujud dengan adanya dukungan dari semua pihak, baik dari Kampung, Kecamatan serta Kabupaten,” Harap Bupati Shabela.

Pada kegiatan yang sama, istri Bupati Aceh Tengah, Puan Ratna sekaligus selaku Bunda PAUD kabupaten Aceh Tengah, dipercayakan sebagai Narasumber, dalam kegiatan yang dilaksanakan sebagai salah satu wujud upaya Pemerintah daerah, mendukung Program Nasional yang berkomitmen memberikan jaminan penyediaan layanan pendidikan bagi seluruh anak, termasuk untuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) tersebut.

Selain itu, kegiatan ini juga dilaksanakan untuk mendorong peningkatan kerja Bunda PAUD, baik di tingkat kecamatan hingga tingkat kampung, selaku penggerak untuk menguatkan pemahaman dan advokasi ke berbagai pemangku kepentingan dalam rangka menguatkan pemahaman bersama mengenai pentingnya PAUD sebagai salah satu pase emas dalam periode tumbuh kembang anak.

Di ikuti oleh sedikitnya 42 orang peserta, yang terdiri dari 14 orang Bunda PAUD Kecamatan dari Seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Aceh Tengah dan juga turut menyertakan 2 orang Bunda PAUD Kampung, mewakili 2 Kampung dari setiap Kecamatan, serta segenap Pengurus Pokja Bunda PAUD Aceh Tengah. (HMA/ProkopimAT)