TMKK Semester II Digelar, Ini Harapan Yang Ingin Digapai

447

Takengon – Sebagai agenda tahunan, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah bekerjasama dengan Kodim 0106/Aceh Tengah kembali menggelar TNI Manunggal KB Kesehatan (TMKK) Semester II Tahun 2022 berlokasi di SDN 4 Kute Panang, Rabu (19/10/2022).

Turut hadir pada kesempatan tersebut Kepala Perwakilan BKKBN Aceh yang diwakili Koordinator Bidang Advokasi Pergerakan dan Informasi (ADPIN), Drs. Sahidal Kastri M.Pd.

Dalam sambutannya Sahidal Kastri menyampaikan bahwa kegiatan TMKK ini memberi fungsi yang sangat besar dalam rangka meningkatkan kualitas kesejahteraan masyarakat.

Ia menilai TMKK perlu dukungan seluruh pihak sebab kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upaya dalam mendukung program prioritas pemerintah yaitu pengentasan percepatan penurunan stunting.

“Ketika masyarakat merencanakan keluarga, remaja putri sehat sebelum menghadapi pernikahan, ibu hamil diberikan vitamin, begitu juga bagaimana kesehatan balita terjaga, serta masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan maksimal, maka diharapkan bisa mempercepat penurunan angka stunting”, jelas Sahidal.

“Untuk itu, kami mengapresiasi usaha yang dilakukan jajaran pemerintah kabupaten Aceh Tengah dan TNI dalam hal tersebut”, ungkapnya.

Sementara itu, pada kesempatan yang sama Kasdim 0106, Mayor Inf. Peka Aswan membacakan sambutan Dandim 0106/Aceh Tengah mengatakan pelaksanaan TMKK Kodim 0106/Aceh Tengah semester II Tahun 2022 bertujuan untuk menyebarluaskan informasi kepada masyarakat akan pentingnya peran serta dalam kegiatan program KB kesehatan yang diharapkan dapat membantu pemerintah dalam menangani permasalahan kependudukan.

Dikatakannya, Kodim 0106/Aceh Tengah sebagai satuan komando kewilayahan, TNI AD ikut serta melaksanakan program KB kesehatan bersama seluruh instansi terkait dalam membantu pemerintah untuk memberdayakan demografi di wilayah Indonesia khususnya Kabupaten Aceh Tengah.

“Kita bersyukur dan berterima kasih sebesar-besarnya kepada pemerintah daerah Kabupaten Aceh Tengah terutama kepada Bapak Bupati yang telah menyediakan kebutuhan yang diperlukan dan mendukung kesuksesan dan kelancaran kegiatan TMKK Semester II Tahun 2022 ini sebab Indonesia akan mengalami bonus demografi pada tahun 2030 sampai dengan 2040”, kata Kasdim.

Untuk diketahui, bonus demografi adalah bonus yang dinikmati suatu negara sebagai akibat dari besarnya proporsi penduduk produktif (rentang usia 15-64 tahun).

Sementara itu, Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar mengatakan walaupun kegiatan pelayanan kesehatan maupun KB rutin sehari-hari dilakukan oleh petugas medis maupun penyuluh KB, namun tetap diperlukan kegiatan seperti ini.

“Sebab momentum TNI Manunggal KB Kesehatan tidak hanya ditujukan untuk mengobati masyarakat dalam waktu relatif singkat tapi juga sebagai bentuk sosialisasi tentang pentingnya menjaga kesehatan dan perlunya merencanakan keluarga kecil, sehat dan bahagia”, terang Shabela.

Selain itu saat ini pemerintah terus berupaya mencegah dan menekab angka stunting melalui berbagai kegiatan.

“Sosialisasi maupun seminar terus kita lakukan agar masyarakat terutama bagi ibu hamil dapat memahami betapa pentingnya menjaga pola hidup sehat sampai dengan tahun-tahun pertama sejak anak dilahirkan”, terang Shabela.

Untuk itu, Bupati Shabela berharap sosialisasi ini secara kontinyu terus dikampanyekan agar stunting di Kabupaten Aceh Tengah dapat dicegah dan dihapuskan. (KS/ProkopimAT)

X