Wabup Firdaus Pimpin Rapat Persiapan Pelaksanaan Sholat Idul Adha 1442H

265

Takengon – Wakil Bupati Aceh Tengah, H. Firdaus, SKM memimpin rapat persiapan pelaksanaan Sholat Idul Adha 1442H/ 2021M, bertempat diruang kerjanya, Sabtu (10/07).

Rapat yang dihadiri Kepala Kemenag Aceh Tengah, Asisten Pemerintahan, Keistimewaan dan Kesra, Kadis Syariat Islam, Pengurus Masjid Agung Ruhama Takengon serta undangan terkait lainnya itu membahas berbagai hal teknis maupun non teknis menghadapi pelaksanaan Sholat Idul Adha yang akan dilaksanakan pada tanggal 20 Juli 2021 mendatang.

Dalam kesempatan itu, Wabup Firdaus menyampaikan bahwa pada pelaksanaan sholat Idul Adha tahun ini harus benar-benar memenuhi ketentuan protokol kesehatan yang aman dari penularan Covid-19 secara ketat.

Dikatakannya, semua pihak harus memiliki kesadaran yang tinggi dalam menjalankan prokes, terutama pihak panitia penyelenggara yang sedapat mungkin harus mampu menciptakan suasana sholat Ied yang benar-benar memenuhi standar protokol kesehatan.

“Seperti melakukan kebersihan dan disinfeksi diarea pelaksanaan, menyediakan fasilitas cuci tangan/ sabun/ hand sanitizer, dan menerapkan pembatasan jarak,” ujar Firdaus.

“Selain itu, mempersingkat pelaksanaan sholat dan khutbah tanpa mengurangi ketentuan syarat dan rukunnya,” sambungnya.

Ia menambahkan, rasa tanggung jawab juga perlu dilakukan oleh masyarakat (jamaah) untuk menghindari penularan dan/ atau berpotensi sebagai penular dengan memastikan bahwa kondisinya harus dalam keadaan sehat, membawa sajadah masing-masing, memakai masker sejak keluar dari rumah, menjaga kebersihan tangan, serta menghindari kontak fisik seperti berjabat tangan dan berpelukan.

“Insya Allah dengan disiplin dan rasa tanggung jawab ini, kita semua dapat menjalankan ibadah sholat Idul Adha dengan aman dan nyaman.” Harapnya.

Penting diketahui, bahwa Forkopimda dan unsur Pemerintahan di Kabupaten Aceh Tengah telah menyepakati penyelenggaraan Sholat Idul Adha dan pelaksanaan Qurban Tahun 1442H/ 2021M dilaksanakan dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat dengan memperbanyak titik kumpul tempat Sholat Idul Adha, serta waktu khutbah secara singkat dan paling lama 15 menit.

Untuk sholat Idul Adha tingkat Kabupaten Aceh Tengah, pelaksanaannya akan dilakukan di Mesjid Agung Ruhama’. Direncanakan, bertindak sebagai khatib pada kesempatan itu Tgk. Muslim, MCL dan Imam Tgk. Irwan Usman. (IMH/ProkopimAT)

X