Asisten I Membuka Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan

284

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, yang diwakili Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh, dan Kesra Setdakab Aceh Tengah, Drs. Mursyid, M.Si, membuka Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan, bertempat Hotel Linge Land Takengon, Selasa (05/09/2023).

Sosialisasi Pendidikan Wawasan Kebangsaan tersebut mengangkat tema ‘Implementasi Nilai-nilai Pancasila Dalam Meningkatkan Persatuan Dan Kesatuan Bangsa Dalam Mensukseskan Pemilu dan Pemilukada 2024’, yang direncanakan akan berlangsung mulai 05-07 September 2023.

Dalam sambutan pembukaan Penjabat Bupati Aceh Tengah menyampaikan, paham kebangsaan merupakan pandangan, wawasan, perasaan, sikap serta perilaku suatu bangsa, sedangkan nasionalisme merupakan ajaran atau paham untuk mencintai bangsa serta negara sendiri.

“tujuan paham kebangsaan adalah senantiasa menjaga kesatuan NKRI dan Pancasila sebagai ideologi bangsa, melalui sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan ini,” ujar Mursyid.

“karena itu, kami selaku Pemerintah Daerah Aceh Tengah selalu mendukung kegiatan prinsip-prinsip NKRI, salah satunya seperti melalui sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan ini,” lanjutnya.

Kemudian, dalam sambutan tersebut juga tertulis, salah satu faktor pendukung kuatnya benteng pertahanan negara tidak terlepas dari nilai – nilai kebangsaan yang diperkuat 4 (empat) pilar.

“empat pilar nilai-nilai kebangsaan antara lain Pancasila, Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI),” jelas Mursyid.

“dari keempat pilar tersebut setiap warga negara berkewajiban memelihara kerukunan, contohnya seperti kerukunan yang berbasis dibidang keagamaan dan kerukunan dibidang suku, ras dan etnis serta adat istiadat,” tambahnya.

Sebagi penutup dalam sambutan tertulis Penjabat Bupati Aceh Tengah menyampaikan, mempelajari wawasan kebangsaan ini tentunya bertujuan untuk memberi pemahaman tentang Bangsa Indonesia dan dasar-dasar mengenai bangsa ini dalam rangka mewujudkan persatuan.

“karena tujuan tersebut, kita bersama berharap melalui kegiatan hari ini dengan keikutsertaan peserta bisa menambah pemahaman tentang Bangsa Indonesia dan dapat menumbuhkan perasaan cinta yang tinggi atau bangga terhadap tanah air tanpa memandang rendah bangsa lain,” katanya.

“dan semoga sosialisasi pendidikan wawasan kebangsaan ini dapat berjalan dengan lancar dan dpaat bermanfaat bagi kita semua, terkhususnya kepada generasi muda kita yang hadir pada kesempatan kali ini.” tutup Mursyid. (AS/ProkopimAT)

X