Bupati Aceh Tengah Serahkan Dokumen Kependudukan Korban Kebakaran Semelit Mutiara

79

Takengon – Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar menyerahkan langsung dokumen kependudukan kepada korban musibah kebakaran kampung Semelit Mutiara Kecamatan Silih Nara, selasa (02/03/2021) siang ketika mengunjungi lokasi kejadian.

Musibah yang terjadi sekira pukul 02.00 dini hari (02/03/2021) dilaporkan oleh Camat Silih Nara, Darmawi telah menghanguskan 9 rumah ditambah 2 rumah lainnya terkena imbas.

“Dokumen kependudukan ini perlu segera dimiliki kembali oleh warga, tapi mengingat kondisi warga yang tertimpa musibah dan supaya terjaga agar dipegang dulu oleh Reje atau aparat kampung,” ungkap Shabela.

Penyerahan dokumen kependudukan dilakukan setelah Bupati menyampaikan ucapan belasungkawa dan menyalurkan bantuan masa tanggap darurat yang dikoordinir oleh Kadis Sosial, Aulia Putra dan Kepala BPBD, Ishak.

Pasca terjadi musibah, Dinas Dukcapil segera berkoordinasi dengan para pihak untuk menghimpun informasi terkait dokumen kependudukan yang hilang atau rusak pasca terjadi musibah.

“Setelah berkoordinasi dengan Camat dan Reje kami langsung memproses dokumen kependudukan pengganti, dan Alhamdulillah dapat diserahkan langsung oleh bapak Bupati,” kata Kadis Dukcapil Aceh Tengah, Mustafa Kamal yang turut mendampingi Bupati Aceh Tengah ketika meninjau lokasi.

Dokumen yang diserahkan berupa Kartu Keluarga dan Akte kelahiran, sementara untuk Kartu Tanda Penduduk masih dilakukan pendataan, maupun dokumen lainnya yang luput dalam pendataan awal akan diserahkan menyusul dalam kesempatan berikutnya.

Upaya segera untuk melengkapi kembali dokumen kependudukan warga pasca terjadi bencana atau musibah kebakaran merupakan bagian pelayanan aktif Dinas Dukcapil, terlebih mengingat dokumen-dokumen tersebut sangat diperlukan oleh warga yang tertimpa musibah untuk mengakses berbagai layanan publik. (*)