Bupati Ikuti Upacara Peringatan Harlah Pancasila Tahun 2020 Secara Daring

83

Takengon – Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar didampingi Sekretaris Daerah, Karimansyah. I, SE, MM, serta sejumlah Kepala Dinas dan Camat dalam Kabupaten Aceh Tengah, ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ke 75 Tahun 2020 yang diperingati secara daring di Pendopo Bupati Aceh Tengah, Senin (01/06).

Peringatan Hari Lahir Pancasila yang jatuh setiap tanggal 1 Juni tersebut, di inisiasi oleh Badan Pembinaan Ideologi Pancasila atau BPIP dan dimulai sejak pukul 07.45 WIB secara online dan dapat diakses melalui siaran langsung di TVRI, kanal YouTube BPIP, laman Facebook BPIP dan Instagram BPIP.

Upacara yang digelar secara virtual tersebut, dihadiri pejabat negara dari tempat berbeda. Didahului pembacaan teks Pancasila oleh Ketua MPR Bambang Soesatyo, lalu Ketua DPR Puan Maharani yang membacakan teks UUD 1945. Kemudian dilanjutkan dengan amanat Presiden Joko Widodo selaku Inspektur upacara.

Bupati Aceh Tengah usai acara dimaksud menyampaikan bahwa, meskipun masih dihadapkan pada pandemi covid-19 dan sedang menuju ke Tata Kehidupan Baru, bukan berarti ada penghalang dalam memperingati hari lahir Pancasila.

Menurutnya, peringatan hari lahir Pancasila merupakan pelestarian nilai-nilai Pancasila yang harus hidup dan diamalkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Justru ditengah pandemik, kita harus terus melestarikan semangat Pancasila sebagai pemersatu bangsa”, kata Shabela.

Dia menambahkan, melalui peringatan hari lahir pancasila ini, dapat menjadi momentum bagi seluruh anak bangsa khususnya di daerah ini untuk mewujudkan nilai-nilai Pancasila dalam tindakan nyata seperti semangat gotong royong.

“Nilai-nilai luhur Pancasila tersebut, kiranya dapat dihadirkan dalam kehidupan sehari-hari. Selamat Hari Lahir Pancasila, Merdeka”, tutupnya. (IMH/Humas)