DIKLATSAR Personil Satpol PP dan WH, Sekda : Bentuk Personil Yang Tidak Hanya Kompeten Tetapi Juga Berintegritas

64

Takengon – Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah Subhandhy, AP, M. Si, membuka secara resmi Pendidikan dan Pelatihan Dasar (DIKLATSAR) Personil Satpol PP dan WH Kabupaten Aceh Tengah, yang berlangsung di Oproom Sekdakab Aceh Tengah, Senin (05/02/2024).

Pelatihan dan pendidikan dasar tersebut direncanakan berlangsung selama tiga hari, mulai 5 – 7 Februari 2024, yang bertujuan untuk, membentuk kedislipnan, jiwa korsa, dan loyalitas polisi pamong praja; meningkatkan pengetahuan, keterampilan, sikap, dan perilaku polisi pamong praja; meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan polisi pamong praja; dan, meningkatkan persatuan dan kesatuan polisi pamong praja.

Dalam sambutannya Subhandhy menyampaikan bahwa, untuk menghadapi dinamika masyarakat yang terus berkembang, personil Satpol PP dan WH perlu memiliki pemahaman yang mendalam terkait peraturan dan tugas pokoknya.

“dengan diadakannya DIKLATSAR ini, para peserta dapat memahami peran mereka dengan lebih baik serta mampu mengambil keputusan yang tepat dalam situasi yang kompleks,” ujar Subhandhy.

“DIKLATSAR juga dirancang untuk meningkatkan profesionalisme dan etika kerja personil Satpol PP dan WH, adanya pelatihan ini, diharapkan akan terbentuk personil yang tidak hanya kompeten tetapi juga berintegritas,” tambahnya.

Menurutnya, pelatihan ini diperlukan untuk mendapatkan pemahaman dan pengetahuan dasar, dalam menangani keamanan dan ketertiban umum di Aceh Tengah.

“karena itu, kami memandang perlu diselenggarakannya pelatihan Satpol PP dan WH pada Pemkab Aceh, dalam mengembangkan potensi diri, kinerja, dan dedikasi, dalam bekerja,” tegas Subhandhy.

Melalui kesempatan tersebut, Subhandhy berpesan agar kiranya para peserta dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh, sehingga nantinya dapat memberikan pelayanan kepada masyarakat lebih baik lagi.

“kami berpesan agar para peserta dapat mengikuti pelatihan dan pendidikan dengan sungguh-sungguh, sehingga nantinya dapat memberikan pelayanan lebih maksimal lagi kepada masyarakat kita,” pesannya.

“serta memiliki kapasitas yang lebih besar lagi dalam menegakkan peraturan daerah (qanun), melalui sosialisasi, pengawasan, pembinaan, penyidikan, dan pelaksanaan hukum di bidang syariat islam,” tambah Subhandhy.

Sebagai penutup, Sekretaris Daerah Aceh Tengah mengharapkan, agar setiap personil Satpol PP dan WH Kabupaten Aceh Tengah dapat menjadi sosok yang tangguh, berada di garda terdepan dalam memberikan ketentraman dan kenyamanan bagj masyarakat di dataran tinggi tanoh Gayo.

“kami harapkan agar pelatihan ini dapat membentuk personil Satpol PP dan WH yang tangguh dan dapat memberikan pelayanan sekaligus memciptakan ketentraman bagi masyarakat,” harapnya.

“serta mari kita jadikan pelatihan ini sebagai momentum untuk terus berkembang dan memberikan yang terbaik bagi masyarakat Kabupaten Aceh Tengah.” tutup Subhandhy. (AS/ProkopimAT)

X