Kampung Bewang Masuk Nominasi Proklim, Pj. Bupati Mirzuan: Bewang Akan Jadi Kampung Percontohan

66

Takengon – Pj. Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT menghadiri kegiatan Verifikasi lapangan Program Kampung Iklim (Proklim) tahun 2024 bertempat di Kampung Bewang, Kecamatan Bintang, Rabu (11/06/2024).

Penyelenggaraan Proklim adalah Bentuk aksi Pemerintah dalam pengendalian perubahan iklim. Pemkab Aceh Tengah sendiri mengupayakan program ini berkelanjutan dan mendukung penuh target pemerintah pusat dalam mencapai 20.000 Kampung iklim di seluruh Indonesia.

Dengan memenuhi indikator yang ada dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia maka ditetapkanlah Kampung Bewang sebagai salah satu nominator kampung iklim kategori utama yang tahun ini sebagai satu-satunya kampung yang mewakili provinsi Aceh.

Dengan mencermati besarnya manfaat dari program ini maka Pj. Bupati Mirzuan melalui pemerintah kabupaten Aceh Tengah siap mendukung dan akan menjadikan kampung bawang sebagai percontohan program Kampung iklim bagi kampung-kampung lainnya yang ada di kabupaten Aceh Tengah.

“Esensi dari Proklim adalah untuk menguatkan kapasitas adaptasi terhadap dampak perubahan iklim dan penurunan emisi gas rumah kaca. Di samping itu dalam jangka panjang, iklim dan di lingkungan yang baik tersebut diharapkan dapat mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat sesuai dengan kondisi yang terdapat di daerah masing-masing dan ini wajib kita dukung bersama-sama”, ujar Mirzuan.

Ia berharap bahwa tahun ini menjadi semangat bagi pemerintah untuk terus mengingatkan pelestarian lingkungan dan menjaga keseimbangan alam untuk keberlanjutan kehidupan bagi anak cucu generasi ke depannya.

“Dengan diterapkannya program ini secara masif di berbagai daerah diharapkan dapat menjadi awal keberlanjutan lingkungan yang lebih ramah terhadap seluruh umat”, harapnya.

Turut hadir dalam acara tersebut Tim verifikasi dari Balai Pengendalian Perubahan Iklim Wilayah Sumatera Kementerian Lingkungan Hidup dan kehutanan Republik Indonesia, Tim Pendamping dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Aceh, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Aceh Tengah, Kepala Dinas lingkungan Hidup Gayo Lues, Ketua Tim Penggerak PKK kabupaten Aceh Tengah beserta anggota, Camat Bintang, Reje Kampung Bewang, serta undangan lainnya. (KS/ProkopimAT)

X