Takengon – Bupati Aceh Tengah, Drs. Haili Yoga, M.Si kembali menjalankan aktivitas kerjanya dari Masjid setelah mengikuti kegiatan safari subuh di Masjid Ruhama Takengon. Kali ini melakukan rapat teknis terkait pengoptimalisasian Mall Pelayanan Publik Aceh Tengah bertempat di Masjid Agung Ruhama Takengon, Rabu pagi (16/04/2025).
Dalam acara safari subuh tersebut, Bupati Haili Yoga bersama sejumlah pejabat dan aparat pemerintah daerah mengadakan evaluasi dan penguatan komitmen dalam optimalisasi Mall Pelayanan Publik sebagai pusat layanan terpadu yang diharapkan mampu memudahkan akses masyarakat terhadap berbagai layanan pemerintahan.
Bupati Aceh Tengah menekankan bahwa Mall Pelayanan Publik harus beroperasi maksimal untuk memberikan kemudahan bagi masyarakat. “Kami mengharapkan mall layanan ini dapat berfungsi sebagai pusat layanan satu pintu yang mengintegrasikan seluruh layanan publik, sehingga masyarakat semakin mudah mengakses administrasi dan informasi pemerintahan”, ujarnya dengan tegas kepada Kepala SKPK yang terlibat langsung tugasnya pada pelayanan publik.
Selanjutnya, Bupati Haili Yoga menginstruksikan agar masing-masing Perangkat Daerah di wilayah Aceh Tengah menempatkan personil khusus yang profesional di Mall Pelayanan Publik. “Persepsi harus kita samakan antar layanan yang memengelola melayani, jangan asal menempatkan pegawai yang tak paham dengan tugasnya, mempercepat proses pelayanan kepada masyarakat”, lugasnya
Penerapan teknologi digital yang mendukung sistem informasi layanan publik sangat penting dalam mempermudah dan mempercepat layanan. Penggunaan sistem digital ini diharapkan dapat meminimalisir birokrasi dan kesulitan administratif yang selama ini menjadi kendala dalam pelayanan publik.
“Sambil menunggu proses efisiensi anggaran selesai, segala biaya yang timbul akibat penugasan pegawai ke Mall Pelayanan Publik akan menjadi tanggung jawab masing-masing OPD”, ucap Haili Yoga.
Dengan langkah strategis yang putuskan, Bupati Aceh Tengah, Haili Yoga, berharap bahwa Mall Pelayanan Publik tidak hanya menjadi pusat pelayanan yang modern dan terintegrasi, tetapi juga mampu menjawab kebutuhan masyarakat secara cepat, efisien, dan transparan. Upaya ini merupakan bagian dari komitmen pemerintah kabupaten untuk mewujudkan pemerintahan yang lebih responsif dan akuntabel demi kepuasan publik. (RH/ProkopimAT)