Malam Penobatan Duta Wisata Win Ipak Aceh Tengah 2022 Digelar, “Ini Dia Jawaranya”

232

Takengon – “Atas nama Pimpinan Daerah kami menyambut baik inisiatif dari Dinas Pariwisata Kabupaten Aceh Tengah, yang berupaya komit menyelenggarakan kegiatan pemilihan Win-Ipak Aceh Tengah tahun 2022 sekaligus pengukuhan ketua Persatuan Win Ipak Aceh Tengah (PAWAK) periode 2022-2025”, Ucap Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar Membuka Sambutanya di Malam Penobatan Duta Wisata Win Ipak Aceh Tengah 2022 dan Pengukuhan Ketua Persatuan Win Ipak (PAWAK) Aceh Tengah Priode 2022-2025.

Hadir didampingi Ketua TP PKK Aceh Tengah, Puan Ratna, Bupati Shabela berpesan agar momentum tersebut dapat menjadi awal yang baik untuk membangun generasi muda, dan juga dapat memberikan dampak positif agar dapat termotivasi dan diharapkan kelak dapat bertindak sebagai motor penggerak dalam pembangunan sektor pariwisata wisata di daerah Aceh Tengah maupun Provinsi bahkan Nasional.

“Kiranya penobatan win-ipak ini merupakan suatu program yang dikembangkan dan dilaksanakan untuk mempersiapkan generasi muda yang dapat memngambil peran yang strategis dalam mengasah kemampuan untuk menguasai pengetahuan dan aspek pendukung kepariwisataan dengan menjunjung nilai-nilai budaya Gayo yang kaya akan norma etika dan aturan adat istiadat”.

Ungkap Bupati Drs Shabela Abubakar dihadapan para penonton gelaran Penobatan Duta Wisata Win Ipak Aceh Tengah 2022 dan Pengukuhan Ketua Persatuan Win Ipak (PAWAK) Aceh Tengah Priode 2022-2025, yang berlangsung di Gedung Olah Seni (GOS) Takengon, Sabtu Malam (13/08/2022).

Terkait pengukuhan pengurus PAWAK periode 2022-2025, diharapkan dapat menjadi awal membangkitkan organisasi Persatuan Win Ipak Aceh Tengah sebagai salah satu organisasi kepemudaan penerus pembangunan daerah dan bangsa utamanya di daerah dataran tinggi Tanah Gayo.

“Akhirnya, kami menantikan pemikiran, masukan dan solusi dari persatuan Win Ipak Aceh Tengah (PAWAK) dalam menyukseskan program-program pembangunan di daerah Kabupaten Aceh Tengah”, Tegas Bupati Shabela pada kesempatan yang sama.

Usai seminggu menjalani proses karantina Pemilihan Duta Wisata Win Ipak Aceh Tengah 2022, yang pada awalnya diikuti oleh 20 Peserta, terdiri dari 10 Win Gayo dan 10 Ipak Gayo, dengan proses Pembekalan dan tahap demi tahap dalam menseleksi untuk menentukan juara yang selanjutnya mengerucut menjadi 5 besar, akhirnya terpilihlah Win Ipak Aceh Tengah 2022 Terbaik dan kategori Favorit pilihan Masyarakat melalui media Sosial.

Dari hasil seleksi dan penilaian dewan juri, yang terdiri dari Dimas Dewi Pertiwi, Juri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wen ayusri Rahman, Juri Informatika dan Teknologi, Rizki Hawalaina S.Pd, Penilai Bahasa Inggris dan Public Speaking, Penilai Kepribadian oleh Wahyuni, S.Psi, M.Psi, Penilai Etiket dan Atraksi oleh Dede Sudarman, Syari’at Islam oleh M. Syarif, M.Pd dan Juri Penilai Wawasan Umum oleh Azza Aprisaufa, S.Inf.

Dalam Malam Ceremoni Penobatan Win Ipak Aceh Tengah 2022, yang turut menampilkan Video The Spirit of Gayo produksi R2 Production serta perpom penampilan Bintang Tamu Amri Serudang Mango, tersebut terpilihlah Win Rahmatussyifa, Putra dari Bapak Nopia Dorsain dan Ibu Muslailati. Serta Ipak Masniar Putri dari Bapak Mahlan Ariga dan Ibu Seni Wati sebagai Win-Ipak Duta Pariwisata Aceh Tengah Tahun 2022.

Sedangkan untuk kategori Favorit pilihan Masyarakat melalui media Sosial, jatuh kepada Win Yafi Ramadhansyah Javier, Putra dari Bapak Irwansyah dan Ibu Sari Dina Amalia sebagai Win Terfavorit 2022. Dan Ipak Wahna Nurlianda, Putri dari Bapak Hamdan dan Ibu Nurhalis, sebagai Ipak Terfavorit 2022.

Nantinya mereka yang terpilih, akan mewakili Kabupaten Aceh Tengah dalam ajang pemilihan serupa, Agam-Inong Aceh untuk tingkat Provinsi Aceh dan juga Putra-Putri Pariwisata Nusantara pada tingkat Nasional. (HMA/ProkopimAT)

X