Meriah, Karnaval HUT RI Ke 78 di Aceh Tengah Diikuti Ribuan Pelajar

501

Takengon – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menggelar karnaval pawai budaya peringatan HUT ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung meriah dengan melibatkan ribuan peserta.

Karnaval Pawai budaya itu dilepas secara langsung oleh Pj. Bupati, Ir. T. Mirzuan, MT bersama Forkopimda Aceh Tengah di depan Kantor Bupati Aceh Tengah, Senin (14/8/2023).

Ada 86 sekolah yang mewakili tingkat TK, SD, SMP, dan SMA sederajat dalam wilayah Kabupaten Aceh Tengah yang ikut dalam karnaval pawai budaya tersebut. Acara berlangsung meriah, yang disambut antusiasme masyarakat yang memadati sepanjang rute pelaksanaan pawai dari mulai Kantor Bupati, jalan sengeda menuju Simpang Wariji dan Berakhir di Lapangan Musara Alun.

Ribuan pelajar sangat atraktif menampilkan seni budaya dan berbagai cosplay baju adat daerah serta profesi yang betemakan budaya nusantara dan kepahlwanan.

Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Subhandhy, AP, M.Si, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh lapisan masyarakat Aceh Tengah dengan semangatnya luar biasa untuk ikut serta memeriahkan HUT ke 78 Kemerdekaan RI.

“Ini cukup meriah, anak-anak kita sangat antusias dan saya ucapkan terima kasih kepada masyarakat yang berpartisipasi langsung dalam mendukung memeriahkan HUT RI ke 78 ini”, ujar Subhandhy yang juga Ketua Umum Panitia HUT ke 78 RI tahun 2023.

Menurutnya, melalui event karnaval budaya ini menjadi semangat kita untuk menumbuhkan kembali jiwa kepahlawanan dan cinta terhadap negara.

Sementara itu, Plt. Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Harun Manzola, SE, MM, menyampaikan bahwa peserta karnaval pawai tahun ini membludak, melibatkan hampir kurang lebih 8000 pelajar dari 86 sekolah sederajat dari berbagai tingkatan.

“Karnaval kali ini lebih meriah, dimana antusias peserta lebih dari perkiraan panitia”, ungkapnya.

Ia menambahkan, “untuk penerima juara karnaval pawai budaya ini akan di umumkan pada malam resepsi tanggal 17 agustus di pendopo bupati setelah penurunan bendera merah putih”, terang Harun Manzola. (RH/ProkopimAT)

X