Pemerintah Aceh Gencar Sukseskan Masa Transisi Pendidikan Dini Menyenangkan

125

Banda Aceh – Bunda Paud Kabupaten Aceh Tengah, Novita Mirzuan didampingi Ketua Pokja Bunda PAUD Kabupaten Aceh Tengah Ummu Hanik, ikuti Rapat Koordinasi Penguatan Pokja Bunda PAUD Kabupaten/Kota tahun 2023, dalam rangka Penguatan Transisi PAUD-SD, yang berlangsung di Ballroom Hotel Grand Permata Hati, Banda Aceh, pada Jum’at (25/08/2023).⁣⁣

Dibuka oleh Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aceh, Ayu Marzuki, dan diikuti oleh seluruh Bunda PAUD dan Ketua Pokja Bunda PAUD kabupaten/Kota se-Aceh, digelar selama dua hari bertujuan mensosialisasikan pada para Bunda pengajar PAUD di daerah, untuk memahami bahwa literasi bukan semata baca, tulis dan hitung saja.

Usai mengikuti kegiatan tersebut, secara terpisah Bunda Paud Kabupaten Aceh Tengah, Novita Mirzuan menyampaikan, bahwasanya PAUD merupakan pondasi awal bagi tumbuh dan kembang anak.

“Sebagaimana Kita ketahui, PAUD merupakan pendidikan yang sangat mendasar dan strategis dalam pembangunan pembentukan karakter sumber daya manusia sejak dini”, Ungkapnya.

“Kita tentu memahami, untuk menghasilkan SDM yang bermutu, tentu dibutuhkan proses bermutu dari lembaga yang bermutu juga,” Imbuhnya.

“Karenanya dalam rangka menyamakan persepsi dan pemahaman serta kebijakan pada satuan PAUD tersebut Kami atas nama Bunda PAUD Aceh Tengah dan Ketua Pokja Bunda PAUD Aceh Tengah, ikut serta aktif dalam kegiatan ini”, Jelas Novita.

“Kami sangat mendukung, sebagai upaya bersama dalam mengembangkan PAUD yang menyenangkan, apalagi kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas, dan dapat membangun ekosistem pendidikan yang sejalan dengan tema kegiatan pengimplementasian program kerja Bunda PAUD menuju PAUD yang tentunya lebih berkualitas,” Pungkas Bunda Paud Aceh Tengah.

Untuk diketahui, Pada kegiatan yang berlangsung selama dua hari tersebut, turut dihadirkan sejumlah narasumber dengan tujuan untuk penguatan Pokja Bunda PAUD, yang terdiri atas unsur Bunda PAUD Aceh, Dinas Pendidikan Aceh, UPT BPMP Aceh, Pokja Bunda PAUD Aceh dan narasumber lainnya.

Ketua Pokja Bunda PAUD Aceh Mellani Subarni, dalam kesempatan tersebut menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk menggaungkan komitmen bersama dalam mendukung kebijakan dan gerakan implementasi PAUD yang menyenangkan.

“Penguatan ini sangatlah penting untuk menyamakan persepsi pihak-pihak atau figur yang berperan penting pada Satuan Pendidikan Anak Usia Dini untuk mengubah miskonsepsi di lapangan,” Ulas Mellani selaku Ketua Pokja Bunda PAUD Aceh.

Masih dalam kegiatan yang sama, Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Aceh, Ayu Marzuki kembali mengingatkan Transisi dari lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) ke Sekolah Dasar (SD) yang menyenangkan bukan hanya tentang mempersiapkan si anak, namun orangtua dan sekolah juga harus mempersiapkan diri untuk suksesnya transisi ini.⁣

“Suksesnya transisi PAUD-SD bukan semata memastikan kesiapan anak, tetapi orangtua dan sekolah juga harus mempersiapkan diri. Ketiga elemen ini adalah sebuah kesatuan yang akan menjamin suksesnya transisi PAUD-SD yang menyenangkan,” Tegas Istri Pj Gubernur Aceh, Ny. Ayu Marzuki. (HMA/ProkopimAT)

X