Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah Dorong Capaian UHC di Indonesia

208

Jakarta – Terhitung sejak berdirinya BPJS Kesehatan di tahun 2014, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Pemerintah Provinsi Aceh telah sukses mencapai cakupan semesta jaminan kesehatan atau Universal Health Coverage. Saat ini sebanyak 221.253 jiwa penduduk Kabupaten Aceh Tengah telah terdaftar sebagai peserta Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Dari total masyarakat terdaftar, tercatat sebanyak 70.684 jiwa telah terdaftar sebagai peserta pada segmen Pekerja Bukan Penerima Upah Bukan Pekerja (PBPU BP) Pemerintah Daaerah Aceh atau biasa disebut Jaminan Kesehatan Aceh (JKA), 107.075 jiwa terdaftar sebagai Penerima Bantuan Iuran Jaminan Kesehatan (PBI APBN), 37.523 jiwa terdaftar sebagai Pekerja Penerima Upah, 1.490 jiwa terdaftar sebagai peserta mandiri (PBPU), dan sebanyak 4.481 jiwa terdaftar sebagai peserta pada segmen Bukan Pekerja.

Hal ini merupakan wujud nyata dukungan penuh Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah untuk memberikan payung perlindungan bagi masyarakat untuk mengakses layanan kesehatan yang komprehensif di fasilitas kesehatan.

Saat ditemui, Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT, mengungkapkan rasa bangganya atas pencapaian UHC di daerahnya. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan Cabang Lhokseumawe yang telah sama-sama berupaya agar masyarakat Kabupaten Aceh Tengah bisa terjamin ke dalam Program JKN.

“Dengan capaian UHC di Kabupaten Aceh Tengah ini maka diharapkan untuk fasilitas kesehatan juga harus kian optimal dalam melayani masyarakat. Ke depannya kami bersama-sama juga akan terus memastikan seluruh penduduk Kabupaten Aceh Tengah tetap terjamin akses layanan kesehatannya melalui Program JKN-KIS,” ujar Pj. Bupati saat ditemui dalam acara penghargaan UHC BPJS kesehatan bertempat di Balai Sudirman, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (14/13/2023). (RH/ProkopimAT)

X