Pemkab Aceh Tengah, Berdayakan Santri Dayah Dengan Meningkatkan Life Skill

36

Takengon – Mewakili Bupati Aceh Tengah, Asisten Pemerintahan, Keistimewaan dan Kesra Setdakab Aceh Tengah Drs. H. Mursyid, M.Si, menghadiri sekaligus memberikan sambutan pada acara pembukaan pemberdayaan dan pendidikan keterampilan menjahit bagi Santri Dayah di Kabupaten Aceh Tengah tahun 2022, yang berlangsung di Gedung serba guna Kampung Mendale – Kebayakan Takengon, Pada Jum’at (12/08/2022).

Pada kesempatan itu, Asisten Pemerintahan, Keistimewaan dan Kesra, membacakan sambutan tertulis Bupati Aceh Tengah, atas nama Pimpinan Daerah Aceh Tengah, yang menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan tersebut, sebagai sarana bagi para santri dayah untuk meningkatkan kapasitas dan keterampilan diri, sehingga mampu mendirikan usaha untuk meningkatkan kualitas kehidupan dan menciptakan lapangan kerja baru bagi masyarakat di sekitarnya.

“Terselenggaranya acara dengan semangat para peserta, merupakan pertanda baik akan semakin banyak santri yang produktif, baik dalam menyokong perekonomian keluarga, maupun dalam skala yang lebih besar, menyokong perekonomian Daerah Kabupaten Aceh Tengah”, Buka Asisten I pada kesempatan tersebut.

Asisten Pemerintahan, Keistimewaan dan Kesra, mengatakan Menjahit merupakan salah satu langkah kerja yang baik dan berpeluang besar dalam perkembangan dunia usaha dan sektor industri, apalagi saat ini industri garmen tidak pernah berhenti menunjukkan eksistensinya.

“Bidang industri ini senantiasa berkembang dengan pesat, dan tentu menuntut para pengusaha untuk terus beradaptasi dengan segala perubahan permintaan pasar”, Lanjutnya.

“Oleh karena itu, pendidikan khususnya keterampilan menjahit bagi santri dayah ini menjadi salah satu alternatif, yang harus dimanfaatkan secara sungguh-sungguh oleh para peserta sekalian”, Harap Mursyid Asisten Pemerintahan, Keistimewaan dan Kesra.

Setelah selesai mengikuti kegiatan ini, para santri harus mampu memanfaatkan skill yang didapat dari kegiatan ini, untuk mengembangkan atau bahkan mendirikan usaha baru dibidang garmen, sehingga dengan demikian perekonomian dan kualitas kehidupan saudara dapat semakin meningkat, Pungkas Asisten I Setdakab Aceh Tengah.

Sebelumnya, secara terpisah, dalam laporan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Tengah, Drs. Muslim, menyampaikan, pelaksanaan Pelatihan tersebut merupakan inisiatif Dinas Pendidikan Dayah, yang mengusung tema “Melalui pelatihan menjahit kita tingkatkan kualitas dan kreativitas santri”.

Rencananya, kegiatan peningkatan life skill tersebut akan di laksanakan selama 24 hari, dimulai sejak 12 Agustus hingga tanggal 4 September 2022 mendatang, dengan melibatkan 50 orang santri dari 14 dayah yang ada di wilayah kabupaten Aceh Tengah.

Selain diberikan pembekalan pelatihan dan pendidikan menjahit, kegiatan yang akan berlangsung di gedung serbaguna Kampung Mendale itu, juga akan menghibahkan secara langsung ke 50 mesin jahit yang digunakan bagi seluruh peserta kegiatan itu, Ungkap Kepala Dinas Pendidikan Dayah Kabupaten Aceh Tengah. (HMA/ProkopimAT)

X