Pemkab Aceh Tengah Gelar Rapat Persiapan Pelaksanaan Pacuan Kuda

199

Takengon – Guna memastikan terselenggaranya kegiatan Pacuan Kuda Tradisional dalam rangka memeriahkan peringatan HUT Kute Takengen Ke-446 Tahun 2023 berjalan dengan baik, Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah menggelar rapat kesiapan dan dengar pendapat bersama unsur pimpinan daerah dan stake holder terkait, Senin (20/02/2023).

Tampak hadir dalam kesempatan itu, Kapolres Aceh Tengah AKBK Nurochman Nulhakim, Dandim 0106 Letkol Kurniawan Agung Sancoyo, Kajari Yovandi Yazid, Ketua MPU Tgk. Amri Jalaluddin, Ketua Pordasi Aceh Tengah Zuhaidi, Direktur PDAM Tirta Tawar Hidayat, serta sejumlah Kepala SKPK yang terlibat langsung dengan even pacuan kuda ini.

Dalam kegiatan yang dilangsungkan di ruang kerja Bupati Aceh Tengah tersebut, dipandu oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdakab, Harun Manzola dengan didampingi Kepala Dinas Pariwisata, Zulkarnain selaku leading sektor dinas penyelenggara.

Terkait penyelenggaraan pacuan kuda yang direncanakan berlangsung mulai 27 Februari sampai 5 Maret 2023 ini, berkembang masukan dan saran dari unsur pimpinan daerah, dimana semua menginginkan pelaksanaan even pacuan kuda pada tahun ini dapat berjalan lancar serta berlangsung lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Satu hal penting yang mencuat dalam rapat diantaranya berhubungan dengan penataan parkir, rekayasa lalu lintas dan penyediaan sarana ibadah juga air bersih. Pasalnya, kondisi ini yang kerap menjadi keluhan pengunjung setiap pelaksanaan even pacuan kuda berlangsung, terutama di dua hari terakhir.

Selain itu, menyangkut aktifitas keramaian yang berjalan diluar waktu pertandingan seperti hiburan, permainan anak-anak dan pasar malam, unsur pimpinan daerah meminta pihak terkait mengawasi dan menetapkan aturan agar ketertiban dapat terjaga serta terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan ataupun melanggar syariat juga adat.

Panitia juga diminta untuk memperhatikan semua hal dalam pelaksanaan event tersebut, seperti kebersihan, keamanan juga merapikan area parkir, tak lupa juga menyiapkan beberapa posko dititik-titik tertentu untuk informasi dan help desk.

“Saran, pendapat dan masukan yang berkembang dalam pertemuan hari ini, akan kami sampaikan kepada pimpinan. Disamping itu, kami juga mengharapkan instansi terkait dengan tugas-tugas dan tanggungjawab dalam kegiatan ini, untuk menindaklanjuti kesepakatan dalam rapat.” Tutup Asisten Dua, menyimpulkan hasil pertemuan. (IMH/ProkopimAT)

X