Pemkab Aceh Tengah Gelar Seminar DED Taman Makam Pahlawan Reje Bukit Dan Monumen Syafruddin Prawiranegara

296

Takengon – Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah melalui Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tengah mengelar Seminar perencanaan Detail Engineering Design (DED) Taman Makam Pahlawan Reje Bukit dan perencanaan Detail Engineering Design (DED) Monumen Syafruddin Prawiranegara, bertempat di Aula Dinas Sosial Kabupaten Aceh Tengah, Selasa (04/10/2022).

Dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah Subhandhy, AP, M.Si, dalam hal ini diwakili oleh Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Aceh Tengah Drs. H. Mursyid, M.Si, menyampaikan dukungan atas rencana Detail Engineering Design (DED) Taman Makam Pahlawan Reje Bukit dan perencanaan Detail Engineering Design (DED) Monumen Syafruddin Prawiranegara.

Sejalan dengan telah dilaksanakannya Seminar nasional eksistensi Republik Indonesia di tangan Mr. Syafruddin Prawira Negara dalam dalam rangkaian kegiatan PTQ RRI Sabtu, 16 April 2022 yang lalu di Hotel Parkside Aceh Tengah.

Dan usai dipercayakannya Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar, sebagai salah seorang Pembicara, Membuka Kisah Dibalik Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) Di Aceh Tengah, dalam Seminar Nasional yang di selenggarakan oleh Pengurus Pusat Taman Iskandar Muda (PPTIM) Jakarta, Sabtu 13 Agustus 2022 yang lalu.

Dikira perlu diadakan Seminar perencanaan Detail Engineering Design (DED) Taman Makam Pahlawan Reje Bukit dan perencanaan Detail Engineering Design (DED) Monumen Syafruddin Prawiranegara, yang dibutuhkan dalam upaya mewujudkan harapan serta nantinya dapat menjadi dasar ditetapkanya Kabupaten Aceh Tengah sebagai Kota Pusaka.

“Kami berharap pelaksanaan seminar ini kiranya dapat menjadi sarana sumbang saran pendapat serta masukan dari stakeholder terkait, bagaimana ini nantinya dapat menjadi dasar Kita mewujudkan adanya sebuah monument bersejarah sebagai wujud penghargaan bagi para pahlawan pejuang bangsa”, Terang Asisten Pemerintahan, Keistimewaan Aceh dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Aceh Tengah.

“Utamanya jika memperhatikan kondisi taman makam pahlawan yang terdapat di Jalan Lebe Kader, Reje Bukit Kampung Simpang Empat Kecamatan Bebesen Takengon Aceh Tengah, yang saat ini membutuhkan revitalisasi”, Lanjutnya.

“Walaupun selama ini pengunaannya relatif bersifat insidentil, pun demikian kondisinya memang sudah tidak sesuai dengan harapan dan kebutuhan”, Imbuh Asisten Satu yang tampak didampingi Kadis Sosial Kabupaten Aceh Tengah Drs, Ishak.

“Sehingga melalui seminar ini nantinya dapat memberikan pertimbangan sekaligus masukan kepada pelaksana proyek pembangunan Monumen Reformasi Kota Takengon agar dapat memanfaatkan lahan kosong dengan konsep yang lebih baik dan dilengkapi dengan fasilitas pendukung sehingga memberikan rasa nyaman dan sesuai dengan harapan Masyarakat”, Pungkas Mursyid Asisten Pemerintahan.

Tampak ikut serta dalam seminar tersebut, perwakilan Bappeda Kab Aceh Tengah, Dinas PUPR Kab. Aceh Tengah, Dinas Perumahan dan Permukiman Kab. Aceh Tengah, Dinas Perhubungan Kab. Aceh Tengah, Kepala LP RRI Takengon, Ketua LVRI Kab. Aceh Tengah, Sekretaris LVRI Kab. Aceh Tengah, Anggota PPM Kab. Aceh Tengah, Ketua PWI Kab. Aceh Tengah, Camat Silih Nara, Camat Bebesen, Reje Remesen kec. Silih Nara, Reje Burni Bius Kec. Silih Nara, Reje Wih Porak Kec. Silih Nara, Kamaluddin Aman Nira dan Mansur sebagai perwakilan Tokoh Masyarakat dari Silih Nara, serta turut dihadiri beberapa rekan media.

Untuk informasi, Project Taman Makam Pahlawan Reje Bukit dan Monumen Syafruddin Prawiranegara atau nantinya akan disebut Tugu Reformasi Kota Takengon, akan di bangun di Pertigaan Ruas Jalan Sukarno Hatta tepatnya di seputaran Payailang, oleh Cv. Wen, atau Waqasly Multi Cretion. (HMA/ProkopimAT)

X