Pemukulan Lesung Tandai Dimulainya PKA 8

116

Banda Aceh – Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) Ke-8 resmi dimulai, ditandai dengan pemukulan lesung yang serentak dilakukan oleh Deputi Bidang Kebudayaan dan Revolusi Mental, Didit Suhardi, Ph.D yang mewakili Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Pj. Gubernur Aceh Achmad Marzuki, PYM Wali Nanggroe, Forkopimda Aceh dan Seluruh Bupati/ Walikota Se-Provinsi Aceh.

Tak terkecuali Pj. Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT didampingi Pj. Ketua TP-PKK Aceh Tengah Ny. Novita Mirzuan yang tampak semangat memukul lesung berisi rempah-rempah kekayaan bumi Aceh itu, ini sesuai tema PKA 8 kali ini yaitu “Rempahkan Bumi Pulihkan Dunia”.

Acara seremonial pembukaan yang bertempat di Taman Ratu Safiatuddin, Kota Banda Aceh, Sabtu (04/11/2023) ini berlangsung meriah dengan menampilkan seni kebudayaan yang ditampilkan oleh ratusan seniman setempat.

Pj. Bupati Mirzuan usai acara mengatakan tema yang diangkat sangat menarik. Ia berharap dengan kebersamaan seluruh Kabupaten/Kota se-Provinsi Aceh pada PKA-8 ini mampu mengembalikan kejayaan Aceh dengan rempahnya yang kaya, termasuk Aceh Tengah yang kali ini menampilkan

“Semoga rempah-rempah yang ada di Aceh ini mendunia kembali, khususnya Aceh Tengah menampilkan sedikitnya 73 jenis rempah pada PKA kali ini”, harap Mirzuan. (KS/ProkopimAT)

X