Peringatan Maulid Nabi 1444 H/2022 M, Bupati Shabela “Mari Laksanakan Amar Ma’ruf Nahi Munkar”

376

Takengon – Setiap tahun umat Islam memperingati Maulid Nabi atau kelahiran Nabi Muhammad SAW dengan beragam cara dan kesemuanya itu merupakan representasi dari bentuk kecintaan umat pada sosok teladan Rasulullah SAW. Lebih dari itu, esensi terpenting dari spirit peringatan maulid Nabi adalah semangat mencontoh pribadi Rasulullah.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah, menggelar Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1444 H, di tingkat Kabupaten Aceh Tengah, dengan mengusung tema “Meneladani akhlak Nabi Muhammad SAW sebagai bekal mewujudkan Kabupaten Aceh Tengah yang religius”, di Masjid Agung Ruhama Takengon, pada Sabtu (22/10/2022).

Pada bimbingan dan arahannya Bupati Aceh Tengah mengatakan, Sebagaimana kita ketahui bersama, kelahiran Nabi Muhammad SAW merupakan secercah cahaya bagi masa jahiliyah, di masa itu kehadirannya membawa begitu banyak pembaharuan paradigma dan budaya. Tidak hanya berhenti di daratan arab pada zaman itu saja, namun berkah dan rahmat yang dibawa oleh Rasulullah masih dapat kita dan seluruh Dunia rasakan manfaatnya hingga hari ini.

“Oleh karena itu, memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW setiap tahunnya, merupakan sebuah kegembiraan dan kebahagiaan tersendiri bagi umat islam, karena kehadiran Rasulullah di muka bumi, dapat di ibaratkan sebagai cahaya yang menerangi kehidupan manusia, termasuk kita sekalian, dalam menempuh jalan spiritual yang benar untuk menggapai Ridha Allah SWT”, ujar Bupati Shabela.

Lebih lanjut Bupati Aceh Tengah mengatakan, Teladan atas sikap Rasulullah hendaknya dapat kita wujudkan, dengan senantiasa mengembangkan sikap saling menghormati, berjiwa damai dan berkeadilan, serta bertoleransi dengan saudara kita yang beragama lain sebagai perwujudan Hablumminannas.

“Selain itu, hendaknya kita mampu menumbuh kembangkan sensitivitas, kepedulian, dan komitmen untuk merawat lingkungan sekitar dengan sebaik baiknya, sebagai manifestasi dari Hablumminal alam”, ucap Bupati Aceh Tengah.

Mengakhiri bimbingan dan arahanya Bupati Shabela Abubakar mengatakan, Akhirnya, melalui peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW hari ini, mari kita berdo’a kepada Allah SWT, agar senantiasa diberi petunjuk dan kekuatan kepada kita semua.

“Marilah kita laksanakan amar ma’ruf nahi munkar, serta mengatasi berbagai persoalan di kabupaten kita tercinta dengan lebih arif, bijaksana, siddiq, amanah, tabligh dan fatanah sebagaimana sifat nabi Muhammad SAW junjungan kita”, Pungkas Bupati Aceh Tengah.

Hadir mengisi tausiyah dalam kesempatan Maulid kali ini, Penceramah Tgk. H. Abrar Zym, S.Ag, MH, yang senada dengan Bupati Aceh Tengah, kembali menegaskan tentang Keteladanan akan risalah mulianya sifat Rasulullah SAW.

Empat sifat Rasulullah bukan hanya istilah yang cukup dihafal saja. Akan tetapi perlu dihidupkan atau diaplikasikan dalam bentuk sikap nyata. Shiddiq yang secara bahasa diartikan jujur, Amanah secara bahasa dimaknai dapat dipercaya, Tabligh yang diartikan menyampaikan, Selanjutnya Fathanah, yang berarti cerdas, Ungkapnya.

Dengan mengkaji kembali sifat-sifat Rasulullah tersebut, besar harapan generasi umat Islam dapat meneladani dan mencontohnya, menghidupkan tradisi atau sikap mulia dari Rasulullah, Menjadikan sikap atau karakter Rasulullah sebagai sikap dalam pribadi sehari-hari.

“Semoga kita semua termasuk umat yang kelak mendapat Syafa’at Rasulullah, Semangat memperingati Maulid Nabi, Muhammad Nabi kita, Muhammad teladan dalam hidup kita”, Tandas, Tgk. H. Abrar Zym, S.Ag, MH, Kepala Kankemenag Banda Aceh di hadapan Ribuan Jamaah, Hadirin dan Undangan pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1444 H/2022 M, di tingkat Kabupaten Aceh Tengah. (HMA/ProkopimAT)

X