Pj. Bupati Aceh Tengah Hadiri Rapat Persiapan PON XXI Aceh-Sumut 2024, Berikut Arahan Pj. Gubernur Aceh

90

Banda Aceh – Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT, turut serta dalam rapat persiapan penting untuk pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh-Sumut Tahun 2024 yang berlangsung di Ruang Rapat Serbaguna Lantai 2 Gedung E Kantor Gubernur Aceh, Kamis (04/07/2024). Rapat ini dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk bupati dan walikota bersama Sekretaris Daerah dan Kepala Dinas Pemuda Olahraga Se-Aceh yang akan menjadi tuan rumah cabang olahraga didaerahnya, serta panitia besar penyelenggara PON XXI wilayah Aceh.

Dalam rapat tersebut, Pj. Gubernur Aceh, Bustami Hamzah, SE, M.Si, memberikan arahan kepada seluruh peserta rapat untuk memastikan persiapan PON XXI dapat berjalan lancar dan sukses. Beliau mengingatkan pelaksanaan PON XXI tahun 2024 tinggal menunggu hitungan hari, untuk itu pentinganya kolaborasi dan koordinasi yang baik antara berbagai pihak terkait, termasuk pemerintah daerah dan stakeholder lainnya.

“Sisa waktu 65 hari lagi saat ini, dibuka oleh Presiden RI pada tanggal 8 September 2023 di Stadion Harapan Bangsa. untuk itu perlu kolaborasi yang kuat antara Pemerintah Daerah dengan seluruh stakeholder dalam menyukseskan Pelaksanaan PON XXI di Provinsi Aceh,

Pj. Gubernur, Bustami dalam rapat tersebut menyampaikan harapannya agar Para Bupati dan walikota untuk segera menindaklanjuti dan melaksanakan apa yang menjadi tugas dan tanggung jawab sebagai tuan rumah PON XXI tahun 2024. Pertama : Giat mempromosikan dan semarakkan persiapan dan pelaksanaan PON XXI di masing-masing Kabupaten dan Kota, seperti pemasangan Spanduk, Baliho di kantor dan fasilitas umum, pemasangan Stiker pada Kendaraan Dinas dan pemakaian PIN bagi seluruh ASN di Pemerintah Kabupaten dan Kota.

Kedua : Mempersiapkan dan mengedukasi kepada masyarakat sebagai tuan rumah yang baik dan ramah sesuai adat kita peumulia jamee.

Ketiga : Mengoordinasikan dan mengaktifkan UMKM Lokal di Kabupaten dan Kota untuk terlibat dalam perhelatan PON XXI sebagai stimulus bagi ekonomi rakyat.

Keempat : Ikut terlibat langsung dalam melakukan pemantauan kesiapan penyelenggaraan dan pembangunan venue di masing-masing Kabupaten dan Kota untuk memberi solusi percepatan dan penanganan permasalahan yang menjadi kewenangan kita, termasuk yang bersumber dari APBN, APBA apalagi yang bersumber dari APBK.

Pj. Gubernur Bustami juga telah menetapkan SK untuk Bupati dan Walikota selaku Ketua Panitia Daerah pada pelaksanaan PON XXI tahun 2024. “dengan ditetapkannya SK ini ketua panitia daerah dengan tugasnya wajib mengoordinasikan penyelenggaraan Kegiatan PON di daerah masing-masing, kemudian menyusun rencana kerja kegiatan dan terakhir melakukan pengawasan langsung dan evaluasi serta melaporkan kepada Saya selaku ketua umum PB PON”, katanya.

Pj. Gubernur Aceh juga mengajak semua masyarakat Aceh untuk dapat menyukseskan even nasional tiga tahun sekali yang merupakan ajang olahraga terbesar di Indonesia, karena itu nama baik dan marwah Aceh ada ditangan kita bersama. “Mari Kita sukseskan PON XXI 2024 di Aceh, karena ini akan menjadi catatan Sejarah yang akan kita wariskan untuk itu saya mengajak agar kita semua Bersatu untuk menjaga Marwah Aceh”, tutupnya.

Sementara itu, Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT, menyampaikan komitmennya untuk mendukung penuh penyelenggaraan PON XXI Aceh-Sumut 2024. “Kami siap berperan aktif dalam mendukung segala persiapan yang diperlukan guna menyambut acara olahraga prestisius ini di tanah Aceh sesuai arahan Pak Gubernur Bustami”, Kata T. Mirzuan kepada Kabag Prokopim Setdakab Aceh Tengah seusai rapat.

PON XXI Aceh-Sumut 2024 dijadwalkan akan diselenggarakan di berbagai lokasi di Aceh dan Sumatera Utara. Khusus untuk PON di Aceh akan mempertandingkan 33 Cabang Olahraga di 10 Kabupaten dan Kota Wilayah Aceh, diperkirakan akan hadir 13.000 Orang dari 37 Provinsi. Acara ini tidak hanya akan menjadi ajang unjuk prestasi atlet dari seluruh Indonesia, tetapi juga kesempatan bagi daerah ini untuk mempromosikan potensi pariwisata serta budaya kepada dunia. (RH/ProkopimAT)

X