Sekda Subhandhy Lepas Kontingen Aceh Tengah Pada POPDA XVII Aceh Timur

54

Takengon – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Aceh Tengah, Subhandhy, AP, M.Si, secara resmi melepas kontingen Aceh Tengah yang akan mengikuti ajang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) XVII tingkat provinsi Aceh tahun 2024 yang digelar di Aceh Timur. Acara pelepasan yang diadakan dihalaman Setdakab Kantor Bupati Aceh Tengah ini turut dihadiri oleh para atlet, pelatih, official serta kepala Bank Aceh Syariah Takengon sebagai sponsor utama.

Dalam laporannya Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Aceh Tengah yang Diwakili Kepala Bidang Olahraga Mahdi, S.Pd, menyebutkan sebanyak 270 orang kontingen Aceh Tengah akan berpartisipasi dan terlibat langsung dalam perhelatan POPDA ke-17 yang diadakan dua tahun sekali.

“Kita membawa 187 altlet akan berpartisipasi mengikuti POPDA ke-17 Aceh Timur ditambah 40 pelatih, official 17 orang, Monev 6 orang dan panitia pendamping sebanyak 20 orang dengan total kontingen berjumlah 270 orang. Kontingen Aceh Tengah juga merupakan kontingen terbanyak kedua setelah tuan rumah Aceh Timur”, ucapnya.

Dengan kontingen yang ada Pemkab Aceh Tengah menargetkan juara umum pada POPDA ke-17 tahun ini. Sebelumnya pada POPDA Aceh Barat tahun 2022, Aceh Tengah berhasil meraih peringkat ke-6 merupakan sebuah prestasi yang membanggakan bagi daerah.

“Dari 16 cabang dikutsertakan kita menargetkan juara umum di POPDA tahun ini, sebagaimana dengan moto kami kami siap memberikan yang terbaik dengan cita-cita meraih juara umum”, ungkap Kabid Olahraga Dispora Aceh Tengah.

Sementara dalam sambutannya, Sekda Subhandhy mengapresiasi komitmen serta persiapan yang telah dilakukan oleh kontingen Aceh Tengah dalam menghadapi kompetisi tingkat provinsi ini. Beliau menyatakan bahwa partisipasi dalam ajang seperti POPDA menjadi pengalaman bagi generasi muda dalam membangun semangat pantang menyerah untuk mengharumkan nama daerah.

“Upaya adik-adik selama ini dengan melakukan pelatihan memerlukan energi dan stamina yang cukup luarbiasa ini merupakan pengorbanan kalian untuk daerah dan kami berharap apa yang sudah dilatih ini tetap diterapkan bahkan nanti pertandingan dalam kondisi yang baik dan prima”, ujarnya.

Ia berharap pada POPDA ke-17 Aceh Timur, kontingen Aceh Tengah dapat meraih juara umum karena sebelumnya pada POPDA ke-16 di Aceh Barat Kontingen Aceh Tengah meraih posisi ke-6 dari 23 kabupaten kota Se-Aceh.

“Kita ingin menjadi juara umum pada POPDA di Aceh Timur, untuk menjadi juara umum itu tentunya kita harus menampilkan sesuatu terbaik”, ucap Sekda Subhandhy yang juga menjabat sebagai Ketua Perkemi Aceh Tengah.

Sekda subhandhy juga mengingatkan kepada para atlet Kontingen Aceh Tengah dapat menjaga nama baik daerah dengan menjaga etika dan adat istiadat di Aceh Timur.

“Kami berharap kalian sebagai duta yang membawa nama Aceh Tengah ini, harus menjaga etika dan kemudian kalian harus menghargai adat istiadat setempat”, ingatnya.

Sekda juga mengingatkan pentingnya para atlet dan tim kontingen Aceh Tengah untuk selalu memanjatkan doa serta beribadah selama di Aceh Timur. “Perjuang kita ini tidak maksimal kalau tidak diridhoi Allah SWT, kami ingatkan bahwa jangan pernah tinggalkan ibadah dan selalu berdoa setiap pertandingan”, tutupnya.

Pada akhir acara, Sekda Subhandhy secara simbolis menyerahkan bendera lambang daerah Kontingen Aceh Tengah kepada ketua kontingen dan perlengkapan kepada para atlet. Bendera tersebut menjadi semangat juang dan harapan untuk kesuksesan Aceh Tengah di ajang POPDA ke 17 Aceh Timur. Acara pelepasan ini juga diakhiri dengan doa bersama untuk keselamatan dan kesuksesan para atlet selama mengikuti kompetisi. (RH/ProkopimAT)

X