Pj Bupati Aceh Tengah Tutup Pacuan Kuda Tradisional Gayo Dalam Rangka HUT ke-446 Kota Takengon

277

Takengon – Pj. Bupati Aceh Tengah, Ir. T. Mirzuan, MT di dampingi para jajaran unsur Pimpinan Daerah, hadir sekaligus menutup secara resmi event Pacuan Kuda Tradisional Gayo dalam rangka HUT ke-446 Kota Takengon Tahun 2023, yang berlangsung di Lapangan H.M. Hasan Gayo Belang Bebangka Kecamatan Pegasing, Takengon Aceh Tengah, Minggu (05/03/2023).

Dalam sambutanya, Pj Bupati Aceh Tengah mengucapakan syukur Alhamdulillah pelaksanaan Pacuan Kuda Tradisional Gayo kali ini terselenggarakan dengan tertib dan aman, serta mengapresiasi segala unsur yang telah berpartisipasi dalam pelaksanaan Pacuan Kuda.

“Kita Bersyukur Kegiatan Pacuan Kuda Yang Sudah Berlangsung Selama Sepekan Ini Telah Berjalan Dengan Baik Dan Lancar. Kami selaku pimpinan daerah mengapresiasi seluruh pihak yang telah bekerja dan berpartisipasi menyukseskan pacuan kuda kali ini,” sebut Pj. Bupati dalam sambutannya.

Selain itu, Pj Bupati juga menyinggung mengenai penyelenggaraan PON ke-21 yang akan di laksanakan di Lapangan Mm Hasan Gayo untuk itu agar terus dilakukan pembenahan fasilitas.

“Fasilitas yang ada arena Pacuan Kuda di lapangan Pacuan Kuda M. Hasan Gayo, akan terus dilakukan pembenahan dan pembangunan fasilitas untuk mendukung terlaksananya PON ke-21 tahun 2024,” ujarnya.

“Alhamdulillah, tahun ini kita sedang melanjutkan pembangunan tribun utama dan beberapa fasilitas lainnya agar nantinya penonton merasa lebih nyaman saat menyaksikan pacuan kuda,” sambung Mirzuan.

“Begitu juga dengan ketersediaan tempat beribadah dan toilet umum yang pada kali ini sudah lebih nyaman sehingga pengunjung dapat menunaikan ibadah solat fardhu.” tambah Mirzuan.

Menutup sambutannya, Pj Bupati turut mengucapkan selamat kepada joki dan kuda yang telah berhasil meraih prestasi. Dia berharap prestasi ini dapat terus ditingkatkan, sehingga para joki dan kuda- kuda dari Aceh Tengah dapat berprestasi di kancah nasional.

“Akhirnya kami ucapkan selamat kepada para joki dan kuda yang telah berhasil meraih prestasi pada rangka HUT ke-446 Kota Takengon. Bagi yang belum berhasil kali ini agar tetap bersemangat untuk berlatih lagi pada event pacuan kuda selanjutnya,” Imbuhnya.

“Terima kasih kami ucapkan kepada seluruh pihak-pihak yang telah menyukseskan kegiatan pacuan kuda kali ini, sehingga pelaksanaannya berjalan dengan lancar. Dan untuk para ” Tutup Pj Bupati.

Dalam kesempatan yang sama, usai menyaksikan race demi race pacuan kuda tradisional tersebut, Penjabat Bupati Mirzuan beserta jajaran pimpinan daerah Kabupaten Aceh Tengah juga berkesempatan menyerahkan secara langsung piagam dan penghargaan kepada para jawara Pacuan Kuda dalam rangka memeriahkan HUT Kota Takengon ke 446 tahun 2023 ini.

Sudah sepekan ini, terhitung dari tanggal 27 Februari hingga 5 Maret 2023, telah diselenggarakannya Pacuan Kuda Tradisional Gayo yang diikuti oleh 288 kuda dari lima Kabupaten di antaranya, Aceh Tengah, Bener Meriah, Gayo Lues, Aceh Tenggara, dan Aceh Tamiang. Pada final kali ini di ikuti oleh 76 ekor kuda dengan merebutkan total hadiah Ratusan Juta Rupiah. (AS/ProkopimAT)

X