Pj. Bupati Mirzuan Serahkan Bantuan Cadangan Pangan Kepada 7 Kampung Di Kecamatan Lut Tawar

119

Takengon – Pj. Bupati Aceh Tengah Ir. T Mirzuan, MT hadiri Acara Penyerahan Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) Aceh untuk masyarakat terdampak bencana gagal panen di Kecamatan lut Tawar, bertempat di Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan setempat, Selasa (29/08/2023).

Turut hadir pada kegiatan tersebut Plt. Kadis Pangan Aceh Surya Rayendra, Plt. Kadis Pangan Aceh Tengah Salman Nuri, Kadis Pertanian Aceh Tengah Nasrun Liwanza, Anggota DPRA M. Ridwan, Camat Lut Tawar, Kepala Perum Bulog Aceh Tengah, serta tamu undangan lainnya.

Plt. Kadis Pangan Aceh Surya Rayendra dalam sambutannya menjelaskan bahwa bantuan ini berupa beras dengan total 10,5 ton yang ditujukan kepada 1.173 jiwa.

Ia menyampaikan bahwa cadangan pangan ini merupakan suatu kewajiban oleh Pemerintah, baik Pusat, Provinsi, maupun Kabupaten/Kota.

“Merupakan kewajiban Pemerintah untuk menyediakan cadangan pangan di setiap daerah dan untuk itu kami telah menyurati kepada seluruh Kabupaten/Kota dimana cadangan ini fungsinya yaitu pada masa-masa tertentu bisa membantu masyarakat yang mengalami musibah”, kata Surya.

Surya berharap dengan bantuan tersebut bisa bermanfaat bagi korban di masa sulit. “Semoga bantuan yang diberikan Pemerintah Provinsi ini bisa mengurangi sedikit beban masyarakat terlebih kondisi saat ini beras memang agak susah dan kondisi perekonomian juga sedang sulit”. Tutupnya.

Pada kesempatan yang sama, Pj. Bupati Mirzuan sangat mengapresiasi kegiatan penyaluran cadangan pangan dimaksud.

“Hal ini merupakan bentuk kontribusi dan kepedulian pemerintah Aceh dalam membantu masyarakat yang terdampak gagal panen”, ujar Mirzuan.

Dilanjutkannya, kontribusi tersebut telah membantu pemerintah Kabupaten Aceh Tengah dalam mengurangi angka kemiskinan di Kabupaten Aceh Tengah. Untuk itu, Mirzuan berharap bantuan ini mampu meringankan beban para petani terdampak serta memberikan semangat kepada mereka.

“Diharapkan bantuan ini dapat membantu para petani dan masyarakat untuk bertahan serta dapat menjaga motivasi para petani untuk tetap berupaya maksimal dalam mengolah lahan pertanian sebagai upaya memenuhi kebutuhan bahan makanan pokok (beras) di wilayah Kabupaten Aceh Tengah”. Tutup Mirzuan.

Untuk diketahui, bantuan ini diserahkan oleh Plt. Kadis Pangan Aceh kepada Pj. Bupati Aceh Tengah yang kemudian diserahkan kembali secara simbolis oleh Pj Bupati yang diterima langsung oleh Camat Lut Tawar yang turut didampingi ketujuh Reje terdampak bencana.

Adapun ketujuh kampung terdampak bencana pangan penerima bantuan CPP tersebut masing-masing: Waq Toweren (185 jiwa, jumlah beras 1.665 kg), Toweren Antara (204 jiwa, 1.836 kg), Toweren Toa (199 jiwa, 1.791 kg), Teluk One One (76 jiwa, 684 kg), Toweren Uken (322 jiwa, 2.898 kg), Kenawat (60 jiwa, 540 kg), sertaPedemun (127 jiwa, 1.143 kg).

Selain beras, diserahkan pula bantuan berupa benih bawang merah, mulsa, dan pupuk kepada kelompok tani (20 kelompok) yang ada di Kecamatan tersebut. (KS/ProkopimAT)

X