Pj. Bupati T. Mirzuan Buka Pelatihan VSGA Di Kabupaten Aceh Tengah

211

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah, T. Mirzuan menjadi keynote speaker sekaligus membuka secara resmi kegiatan Vocational School Graduate Academy (VSGA) bagi lulusan SMK/ sederajat serta Diploma III dan IV yang belum bekerja.

Kegiatan yang diselenggarakan oleh Balai Besar Pengembangan SDM dan Penelitian (BBPSDMP) Kemenkominfo Medan bekerjasama dengan Diskominfo Aceh Tengah itu, berlangsung di Hotel Bayu Hill Takengon, Senin (05/06/2021).

Dalam sambutan dan presentasinya, Pj. Bupati T. Mirzuan memaparkan betapa urgensinya membangun potensi SDM berbasis kompetensi digital dalam menopang pembangunan dewasa ini terutama di Kabupaten Aceh Tengah.

Dikatakannya, peningkatan kemampuan SDM merupakan suatu keniscayaan agar bisa mengikuti perkembangan zaman dan memajukan daerah, apalagi saat ini Kabupaten Aceh Tengah juga secara bertahap sedang menuju kearah Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE).

Dia menyebutkan, penyiapan SDM berbasis kompetensi secara terintegrasi dan bersinambungan sangat diperlukan untuk mempersiapkan tenaga SDM terampil khususnya dibidang tekhnologi dan informasi digital.

“Penyiapan sumber daya manusia yang berkualitas harus dilakukan secara terintegrasi dan bersinambungan, agar kita dapat bertahan, bersaing dan maju,” ujar Mirzuan.

T. Mirzuan menilai program-program pendidikan, pelatihan, pengembangan maupun pendampingan merupakan upaya penting yang harus dilakukan pemerintah dalam meningkatkan kompetensi SDM tersebut.

“Ya termasuk juga kegiatan sejenis ini yang kami yakini dapat membantu para pesertanya meningkatkan kompetensi SDM sehingga mampu memenuhi kebutuhan tenaga terampil dibidang digital,” sambungnya.

Oleh karenanya, orang nomor satu di Kabupaten Aceh Tengah tersebut berharap, kegiatan VSGA ini dapat menjadi media dalam peningkatan keterampilan (up-skilling) atau pembaharuan keterampilan (re-skilling) yang dapat dijadikan bekal para lulusan SMK/ sederajat serta Diploma III dan IV untuk digeluti berdasarkan kebutuhan dunia industri saat ini.

Sebelumnya, dalam sambutan Plt. Kepala BBPSDMP Kemenkominfo Medan, Yusrizal mengatakan pelatihan VSGA tersebut direncanakan berlangsung selama 5 (lima) hari mulai 5-9 Juni 2023 dengan diikuti oleh 75 orang peserta lulusan pendidikan vokasional.

Dirincikannya, para peserta pelatihan akan mendapatkan pembimbingan dalam bidang ahli komputer madya, desain grafis dan video editor.

Lebih lanjut, Yusrizal juga menyampaikan bahwa selain kegiatan VSGA yang berlangsung dikesempatan itu, pihaknya (BBPSDMP Medan) bekerjasama dengan Diskominfo Kabupaten Aceh Tengah juga melaksanakan beberapa pelatihan lainnya disepanjang tahun 2023.

“Kegiatan-kegiatan tersebut diawali dengan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) yang telah dilaksanakan pada maret 2023 yang lalu, dimana peserta pada kegiatan ini merupakan pelaku usaha yang bergerak pada UMKM,” Terang Yusrizal.

“Kedepan, nanti kita juga akan melaksanakan kegiatan pelatihan Temathic Academy (TA) dimana peserta pada pelatihan ini adalah guru/tenaga pengajar Kabupaten Aceh Tengah dan kegiatan ini direncanakan dilaksanakan pada Agustus 2023.” Pungkasnya. (IMH/ProkopimAT)

X