Pj. Bupati T. Mirzuan Hadiri Kegiatan Simulasi Pemungutan Surat Suara dan Perhitungan Surat Suara Oleh KIP Aceh Tengah

124

Takengon – Pj. Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT menghadiri kegiatan simulasi Pemungutan Suara dan penghitungan suara di Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebagai persiapan menyambut Pemilu Tahun 2024 yang diselenggarakan oleh Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Tengah bertempat di Hotel Bayu Hill Takengon, Jumat (02/02/2024).

Simulasi ini merupakan bagian upaya untuk menyukseskan pelaksanaan pemilu dan memastikan kesiapan serta kelancaran proses pemilu di Kabupaten Aceh Tengah. Pj. Bupati T. Mirzuan menekankan agar penyelenggara pemilu lebih aktif menyosialisasikan kepada masyarakat sebagai pemilih dari alur proses tahapan, jadwal, estimasi waktu hingga hasil perhitungan suara.

“Waktu yang tinggal menunggu hari, panitia penyelenggara yang telah diberi tanggung jawab untuk lebih sering turun menyosialisasikan kepada masyarakat pemilih agar lebih paham. Terutama memperhatikan estimasi waktu yang dibutuhkan setiap pemilih, sehingga pemilihan pada hari pelaksanaan pemilu dapat berjalan sesuai jadwal yang ditentukan”, ucap T. Mirzuan dalam sambutan tertulisnya.

Pj. Bupati T. Mirzuan juga mengatakan semua bentuk sosialisasi yang kita lakukan juga bertujuan agar meningkatkan partisipasi masyarakat pada pemilu, sekaligus menciptakan kondisi yang tertib, aman dan damai. Sebagai sarana untuk menyebarluaskan kepada publik terkait alur proses pemungutan dan perhitungan suara, mengenal formulir dan surat suara kepada masyarakat atau pemilih.

“Tentunya simulasi ini sangat penting dilaksanakan, karena menggambarkan kondisi dihari H nantinya, dimana terdapat kotak suara, bilik suara, papan pengumuman DPT, petugas KPPS, Pengawas TPS dan saksi. Ini akan menjadi representasi kejadian pemungutan suara sesungguhnya dan persiapan mengahadapi situasi rill dan kendala dilapangan pada 14 Februari 2024 nanti”, jelasnya.

T. Mirzuan menyampaikan apresiasinya kepada KIP Aceh Tengah dan seluruh pihak yang terlibat dalam persiapan pemilu serta inisiatif melaksanakan kegiatan pada hari ini. Ia berharap agar masyarakat dapat menggunakan hak suaranya dengan bijak demi terciptanya pemerintahan yang baik untuk menuntukan arah kebijakan pembangunan bangsa dan negara.

Semua pihak diharapkan dapat terus mendukung proses demokrasi dan menjaga suasana tertib, aman dan damai selama Pemilu berlangsung. Aceh Tengah siap menyelenggarakan pemilu dengan integritas dan menjunjung tinggi prinsip demokrasi. “Perlu diingat, keikutsertaan kita dalam pemilu ini merupakan tanda partisipasi kita dalam melaksanakan pembangunan bangsa Indonesia lima tahun kedepan” ingat Pj. Bupati.

“Sebagai rakyat Indonesia, kita memiliki hak yang sama dalam menentukan arah kebijakan pembangunan, maka dari itu kami berkomitmen, bertekad dan bersinergi untuk menyukseskan penyelenggaraan pemilu dan pilkada tahun 2024”, tambahnya.

Dalam kegiatan tersebut Pj. Bupati T. Mirzuan bersama Forkopimda Aceh Tengah juga langsung melakukan simulasi pemungutan suara dan menyaksikan perhitungan suara yang disaksikan oleh penitia penyelenggara pemilu baik dari PPK, PPS dan KPPS. Selain panitia penyelenggara hadir juga perwakilan partai politik, saksi, insan pers dan masyarakat dalam silmulasi pemungutan dan perhitungan suara. (RH/ProkopimAT)

X