Rakerda Dekranasda Aceh 2022 Berakhir, Bupati Shabela Apresiasi Dekranasda Aceh Tengah

310

Takengon – Walaupun Dataran Tinggi Tanoh Gayo sedari siang menjelang petang diguyur hujan, tidak mengurangi antusiasme para pengunjung menyaksikan kegiatan penutupan Rakerda Dekranasda Aceh Tahun 2022 yang dirangkai dengan beragam agenda, diantaranya pameran kerajinan dan makanan unggulan, suguhan penampilan busana kreasi daerah dan juga beraneka hiburan yang di pertontonkan di pangung utama.

Tampak hadir di tengah masyarakat dan segenap hadirin tamu undangan pada gelaran penutupan tersebut, Bupati Aceh Tengah Drs. Shabela Abubakar, selaku Kepala Daerah tuan rumah penyelenggaraan event tahunan Dekranasda Aceh ini, sekaligus sebagai Pembina Dekranasda Kabupaten Aceh Tengah.

Secara terpisah usai meninjau beberapa stand lokal yang turut meramaikan suasana Rakerda Dekranasda Aceh, Bupati menyampaikan ajakan untuk semua pihak agar ikut bersama-sama mengembangkan dan mendukung usaha di bidang kerajinan, kesenian, kebudayaan dan lain sebagainya yang ada di Kabupaten Aceh Tengah.

“Dekranasda Kabupaten Aceh Tengah ini, secara hirarki berada di bawah Dekranasda Provinsi dan Pusat secara Nasional, Kami berharap terus bisa sinergi, demikian juga dengan seluruh OPD di Aceh Tengah, dalam rangka menggiatkan ekonomi masyarakat dan utama nya bisa menjadi wadah pengenalan serta pemasaran hasil karya dari masyarakat Daerah Kabupaten Aceh Tengah,” Ungkap Bupati Shabela, Minggu (05/06/2022).

Dalam kesempatan itu, Bupati juga menyampaikan terimakasih kepada para pengurus Dekranasda Kabupaten Aceh Tengah yang telah berhasil menyukseskan perhelatan tingkat Provinsi ini, sekaligus sebagai upaya memberikan dorongan dan semangat bagi para pelaku ekonomi kreatif dari dataran tinggi Tanoh Gayo Kabupaten Aceh Tengah

“Kepada para pengurus Dekranasda Aceh Tengah dan segenap panitia acara ini, Kami ucapkan selamat, tapi jangan merasa puas, Kami tetap menghimbau mari bersama dan jangan bosan untuk memberikan semangat dan motivasi bagi para pelaku kerajinan di segala bidang yang ada di Aceh Tengah ini,” Himbau Bupati sembari menikmati suguhan Kopi dari salah satu gerai kopi yang ada di venue kegiatan itu.

Selain Bupati Aceh Tengah, acara tersebut juga turut dihadiri oleh Segenap jajaran unsur pimpinan Daerah Kabupaten Aceh Tengah, Pimpinan OPD, Para Camat, Reje, Pimpinan Perbankan, pelaku UMKM dan penggiat Seni, Budaya serta Kerajinan di Kabupaten berhawa dingin dan penghasil Kopi Arabika terbaik di dunia tersebut.

Sebagai informasi, Usai ditutup secara resmi oleh Ketua Dekranasda Aceh, Dr. Ir.Dyah Erti Idawati, MT. pada acara penutupan yang juga sekaligus sebagai acara puncak tersebut juga diumumkan tuan rumah Rakerda Dekranasda Aceh yang akan datang pada tahun 2023 nantinya yaitu Kabupaten Aceh Selatan dan juga dibagikan hadiah bagi para pemenang perlombaan-perlombaan yang telah laksanakan selama Rakerda Dekranasda Aceh 2022 berlangsung.

Tersebutlah, Kabupaten Aceh Besar sebagai Juara Umum, yang berhasil unggul dengan produk anyaman bili sebagai juara dalam produk kerajinan unggulan, dan untuk karya produk yang sama juga menjadi juara dalam kategori Produk dengan Desain Kreatif dan Inovatif, selanjutnya terpilih Gampong Kuala Baru Sungai, Kecamatan Kuala Baru Kabupaten Aceh Singkil dengan karya Kain Kasab Sulam Emas nya, sebagai Desa kerajinan terbaik tahun 2022.

Selanjutnya, Dalam kesempatan tersebut Bupati Aceh Tengah Shabela Abubakar juga berkenan menyerahkan Piagam dan hadiah kepada Kabupaten Aceh Utara sebagai juara Kategori Produk Kerajinan Favorit dengan Tas Bordirnya yang banyak diminati pengunjung pada ajang pameran tersebut.

Sedangkan, untuk kategori lomba Makanan Tradisional Unggulan jatuh kepada Kota Subulussalam dengan olahan aneka makanan berbahan dasar jagung, selain itu untuk produk pelestarian budaya yang terbaik diraih Nagan Raya dengan karya Tudung Saji Bersulam Benang Emas pula.

Sementara kepada Kabupaten Aceh Tengah yang sekaligus sebagai tuan rumah penyelenggara dipercaya menjadi juara pertama penyajian laporan kerja tahunan Ketua Dekranasda Aceh Tahun 2022, Unggul sebagai Juara Pertama untuk stand pameran selama Rakerda berlangsung dan juga berada pada urutan ke tiga untuk kategori kreasi busana daerah, yang di ungguli Aceh Timur di urutan kedua dan Sabang pada urutan Pertama. (HMA/ProkopimAT)

X