Semarak HUT 78 RI, Upacara Taptu dan Pawai Obor di Aceh Tengah Berlangsung Meriah

236

Takengon – Upacara Taptu dan pawai obor peringatan HUT ke 78 kemerdekaan Republik Indonesia berlangsung meriah walaupun dalam keadaan diguyur hujan gerimis.

Upacara Taptu dan pawai obor ini merupakan tradisi rutin yang diselenggarakan Pemkab Aceh Tengah setiap tahunnya tepat pada tanggal 16 Agustus malam menjelang HUT RI. Selain itu, pawai obor ini juga merupakan simbol semangat pejuang guna menumbuhkan kembali nilai-nilai kepahlawanan kepada masyarakat.

Pelepasan pawai obor dimulai pukul 20.30 WIB. Meski gerimis, ribuan peserta yang terdiri dari para pelajar, anggota pramuka perwakilan sekolah, anggota TNI dan Polri serta anggota Satpol PP Aceh Tengah tetap dalam keadaan meriah dan antusias mengikuti pawai obor tersebut.

Sebelum pawai digelar, para peserta terlebih dahulu mengikuti upacara Taptu didepan pintu gerbang Pendopo Bupati Aceh Tengah. Pj. Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT berrtindak selaku Inspektur pada Upacara Taptu, Rabu (16/08/2023) malam.

Upacara taptu ini diawali dengan penyalaan obor secara simbolis kepada salah satu perwakilan anggota Polres Aceh Tengah yang juga sebagai peserta pawai oleh Inspektur Upacara Pj. Bupati sebagai tanda dimulainya pawai sekaligus melepas rombongan Taptu.

Selain Pj. Bupati Aceh Tengah, hadir juga unsur Forkopimda dan para Kepala Organisasi Perangkat Daerah. Pawai obor juga disambut antusias oleh masyarakat yang menyaksikan di rute jalan yang dilewati peserta dari mulai Pendopo Bupati aceh Tengah, jalan sengeda, kemudian jalan Hasan Gayo Simpang Wariji dan kembali ke Pendopo Bupati sebagai titik kumpul terkahir pawai obor.

Usai upacara taptu dan pawai obor, selanjutnya tepat pukul 24.00 WIB Pj. Bupati dan Fokopimda mengikuti apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Reje Bukit.

Usai upacara taptu dan pawai obor, T. Mirzuan mengajak masyarakat untuk meneladani perjuangan pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi memperjuangkan kemerdekaan, maka malam ini mari kita tumbuhkan kembali semangat para pejuang untuk kemajuan pembangunan daerah.

“Maka dari itu mari kita isi hasil kemerdekaan ini dengan melanjutkan perjuangan membangun daerah secara nyata untuk kemajuan Kabupaten Aceh Tengah yang lebih sejahtera”, pesannya. (RH/ProkopimAT)

X