Staf Ahli Keistimewaan Aceh Buka PKU Angkatan Ke-XI MPU Kabupaten Aceh Tengah

179

Takengon – Penjabat Bupati Aceh Tengah Ir. T. Mirzuan, MT, yang diwakili Staf Ahli Bidang Keistimewaan Aceh, Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia Ir. Khaidir, MM, membuka secara resmi acara Pendidikan Kader Ulama (PKU) Ke-XI Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Tengah, di Aula MPU Kabupaten Aceh Tengah, Kamis (07/09/2023).

Pendidikan Kader Ulama (PKU) Ke-IX MPU Kabupaten Aceh Tengah Tahun 2023, mengangkat tema ‘Melalui Pendidikan Kader Ulama Kita Tingkatkan Wawasan Dan Pemahaman Keagamaan Calon Ulama Masa Depan’, yang akan berlangsung selama 10 hari kedepan mulai 07-17 September 2023.

Dalam sambutan tertulis Penjabat Bupati Aceh Tengah menyampaikan, ulama memiliki posisi yang sentral dalam masyarakat Islam dikarenakan digambarkan sebagai pewaris para Nabi, yang artysegala sifat, perilaku, kepribadian dan tindakannya menggambarkan apa yang dimiliki oleh para nabi.

Selain itu juga figur ulama tidak hanya sebagai ilmuan yang menguasai agama, akan tetapi juga sebagai penggerak, motivator dan dinamisator dalam kehidupan bermasyarakat.

“kami berharap melalui kegiatan PKU ini, para kader nantinya mampu melaksanakan syiar Islam, dapat menjadi calon ulama yang berilmu, berakhlak, berwawasan baik dalam ilmu keagamaan maupun ilmu-ilmu lainnya, dan dapat membimbing umat sesuai dengan tuntutan syari’at islam,” ucap Khaidir.

“saya yakin para hadirin yang akan menjadi kader-kader ulama ini memiliki integritas tinggi dalam membangun kehidupan umat beragama,” lanjutnya.

Kemudian, tujuan dari PKU salah satunya seperti mempersiapkan calon-calon kader ulama yang siap melanjutkan perjuangan ulama, membina kader serta membentuk kader ulama baru yang berkualitas dan kompeten.

“karena itu saya juga berharap selain spesialisasi ilmu tafsir, para kader ulama ini diharapkan dapat memperkuat wawasan kebangsaan, hal ini agar nantinya dapat menyebarkan islam di masyarakat dengan islam wasathiyah moderat,” ungkap Khaidir.

“kemudian manfaatkanlah teknologi digital yang serba canggih dimasa kini, selain lulusan PKU ini nantinya diharapkan dapat memahami wawasan keagamaan yang moderat, penggunaan teknologi informasi dalam berdakwah juga harus dikuasai,” tambahnya.

Terakhir dalam sambutan Penjabat Bupati Aceh Tengah, menghimbau kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius, dan semoga dengan pertemuan ini dapat meningkatkan semangat dalam memperjuangkan agama Allah SWT.

“semoga dengan mengikuti KPU ini, agar dapat diikuti dengan serius, sehingga nantinya menghasilkan kader ulama yang dapat meningkatkan semangat dalam memperjuangkan agama Allah SWT.” tutupnya.

Sebelumnya, dalam sambutan Ketua MPU Aceh Tengah Tgk. Amri Jalaluddin menyampaikan, menyampaikan bahwa, kegiatan ini merupakan merupakan program unggulan MPU, yang berlandaskan Qanun Nomor 2 tahun 2009 tentang fungsi, kedudukan, serta tugas MPU Kabupaten Aceh Tengah.

Ia menambahkan, khusus dalam pelaksanaan dan acara pelatihan-pelatihan yang ada di Majelis Permusyawaratan Ulamam, nantinya dapat menguasai ilmu pengetahuan Islam, baik tradisional maupun kontemporer, serta mampu merespon tantangan umat baik dalam bidang pemikiran, dakwah, pendidikan, politik, ekonomi, budaya, dan sebagainya.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Wakil Ketua Majelis Permusuhan Ulama Kabupaten Aceh Tengah, Anggota Dewan Kehormatan Majelis Perumusan Ulama Kabupaten Aceh Tengah, Anggota Komisi A, B dan C Kabupaten Aceh Tengah, Kepala Riat GPU Kabupaten Aceh Tengah beserta seluruh staf dan panitia, Baitul Mal Kabupaten Aceh Tengah, Kementerian Agama Dinas Syariat Islam Kabupaten Aceh Tengah, Pengkaderan Ulama Kabupaten Aceh Tengah yang jumlahnya 28 orang yaitu dari angkatan Ke-XI Tahun 2023. (AS/ProkopimAT)

X